Terbit: 1 April 2018 | Diperbarui: 31 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tumit kaki kasar atau terkadang mengalami pecah-pecah merupakan kondisi yang kerap membuat tidak nyaman. Seperti yang telah diketahui sebelumnya, tumit kaki yang kasar disebabkan lantaran kulit di area tersebut kehilangan kelembapannya. Namun jangan khawatir, pasalnya, Anda masih dapat mengatasinya dengan menggunakan sejumlah bahan yang mudah didapat seperti berikut.

5 Bahan yang Membantu Menghaluskan Kembali Tumit Kaki yang Kasar

1. Minyak Kelapa Murni

Bahan yang juga dikenal dengan VCO ini memiliki kandungan nutrisi dan moisturizer alami yang tinggi. Tidak heran mengoleskan minyak kelapa murni pada area tumit yang kasar ampuh menjadikannya halus kembali.

2. Garam Epsom

Merendam kaki pada air hangat yang telah dicampurkan dengan garam Epsom merupakan pilihan tepat. Pasalnya, hal tersebut dapat mengembalikan sirkulasi darah pada area kaki. Dilansir dari laman Top 10 Home Remedies, kandungan magnesium pada garam Epsom juga mengeluarkan racun sekaligus menstimulasi sel kulit yang sehat.

3. Minyak Sayur

Dilansir dari laman Stylecraze, minyak sayur yang biasa digunakan untuk memasak rupanya juga dapat mengembalikan kehalusan kulit tumit. Hal ini lantaran minayk sayur mengandung lemak yang menutrisi sekaligus melembapkan kulit kaki.

4. Avokad

Buah yang kaya akan omega-3 ini ternyata juga dapat digunakan untuk menghaluskan tumit kaki. Dilansir dari laman Stylecraze, avokad mengandung beragam minyak esensial, vitamin dan lemak yang akan menutrisi dan mengunci kelembapan secara optimal.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

5. Vaseline

Produk yang terbuat dari olahan petroleum jelly ini sudah sejak lama dikenal sebagai moisturizer alami. Tidak hanya digunakan sebagai lip balm, Vaseline juga ampuh menghaluskan tumit kaki.

Jika dibiarkan, tumit yang kasar akan memicu pecah-pecah yang sangat menyiksa. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk melakukan sejumlah cara pencegahan dan pengobatan. Apalagi, bahan-bahan di atas merupakan bahan alami yang aman untuk digunakan dalam jangka waktu lama.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi