Terbit: 22 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bahan makanan apa yang paling sering Anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin E Anda? Kita umum menganggap bahwa makanan sumber vitamin E adalah tauge ya. Padahal ada cukup banyak sumber makanan yang tinggi vitamin E lo.

5 Bahan Makanan Tinggi Vitamin E

Kebutuhan harian vitamin E orang dewasa adalah 15 mg dalam sehari. Angka tersebut dapat dipenuhi dengan pemilihan bahan makanan yang tepat.

Perlu diingat bahwa vitamin E adalah vitamin larut lemak yang jika asupannya terlalu banyak maka tubuh kita otomatis akan menyimpan kelebihannya. Maka dari itu asupannya harus diperhitungkan dengan tepat agar tidak berlebihan.

Untuk itu, penting bagi kita mengetahui apa saja bahan makanan tinggi vitamin E. Menurut US Departement of Agriculture, bahan makanan sumber vitamin E adalah:

1. Biji bunga matahari

Dalam satu ons biji bunga matahari, yang setara dengan 5-8 sendok makan biji bunga matahari terdapat 7,4 mg vitamin E. Angka ini dapat memenuhi separuh kebutuhan vitamin E harian tubuh.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

2. Kacang almond

Anda suka mengonsumsi kacang almond? Dengan 3-5 sendok makan kacang almond dapat memenuhi 6,8 mg vitamin E harian tubuh.

3. Minyak biji bunga matahari

Minyak biji bunga matahari kini sudah semakin mudah kita peroleh di pasaran. Satu sendok makan minyak biji bunga matahari terkandung 4,6 mg vitamin E.

4. Selai kacang tanah

Selai kacang tanah tentu sangat cocok di tambahkan dalam berbagai olahan camilan ya. Dua sendok makan selai kacang mampu memenuhi 2,9 mg vitamin E harian tubuh.

5. Minyak jagung

Apakah Anda menggunakan minyak jagung sebagai olahan masakan? Satu sendok minyak jagung memiliki 1,9 mg vitamin E.

Nah, kini Anda tinggal memilih dan mengatur olahan makanan dari lima bahan makanan di atas agar asupan vitamin E Anda tercukupi, ya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi