5 Bahan Alami Penyembuh Kanker Kulit

doktersehat-lavender-aromaterapi

DokterSehat.Com – Kanker kulit adalah perubahan sel yang tidak normal pada lapisan luar kulit dan juga menjadi salah satu jenis kanker yang paling umum di dunia, kanker kulit ini pada umumnya paling sering terjadi pada daerah sekitar wajah, terutama pada orang yang banyak terpapar cahaya matahari secara langsung. Selain itu kanker kulit wajah ini juga biasanya tumbuh pada lapisan paling luar kulit atau epidermis, sehingga tumor ataupun benjolan bisa terlihat jelas dari luar.

Kanker kulit terbagi dalam dua kategori utama, yakni melanoma dan non-melanoma. Melanoma dimulai dalam jaringan berpigmen, seperti tahi lalat atau tanda lahir, serta pigmentasi kulit. Melanoma berpotensi agresif dan mengancam jiwa. Sebenarnya mudah terdeteksi dan bisa disembuhkan jika diobati sejak dini.

Faktor Penyebab Kanker Kulit

Secara pastinya, penyebab kanker kulit masih tidak diketahui. Namun ada beberapa faktor risiko yang bisa menjadi pemicu munculnya kanker kulit, di antaranya:

  • Sinar Ultraviolet B yang sebagian besar dipancarkan oleh sinar matahari
  • Zat kimia, seperti arsenik, radium, tar, nikotin, arsen, hidrokarbon aromatik, dan lain-lain
  • Radiasi Ionisasi (sinar radioaktif), termasuk sinar rontgen
  • Beberapa jenis virus.

Baca juga: Wah, Ternyata Tahi Lalat bisa Menjadi Tanda Penyakit Kanker Kulit

Gejala Kanker Kulit

Tanda atau gejala kanker kulit yang tampak dan bisa kita lihat dengan mata telanjang, di antaranya:

  • Perubahan kulit, terutama dalam ukuran atau warna misalnya pada tahi lalat atau pertumbuhan berpigmen gelap lainnya.
  • Kulit mengelupas, berdarah, atau perubahan penampilan dari benjolan apapun pada kulit.
  • Tahi lalat dengan pigmentasi (warna) yang tidak biasanya
  • Kulit terasa sangat gatal, nyeri atau sakit.

Tanda dan Gejala Kanker Kulit yang Kurang Umum

Jenis kanker kulit lain yang kurang umum, di antaranya:

1. Sarkoma Kaposi

Jenis kanker kulit langka ini berkembang di pembuluh darah kulit dan menyebabkan bercak merah atau ungu pada kulit atau selaput lendir.

Sarkoma Kaposi biasanya terjadi pada orang dengan sistem kekebalan yang lemah, seperti penderita AIDS, dan pada orang yang memakai obat yang menekan kekebalan alami mereka, seperti orang yang telah menjalani transplantasi organ.

Orang lain dengan peningkatan risiko sarkoma Kaposi termasuk pria muda yang tinggal di Afrika atau lelaki yang lebih tua dari faktor keturunan dari Yahudi Italia atau Eropa Timur.

2. Karsinoma sel Merkel

Karsinoma sel Merkel menyebabkan nodul yang keras dan mengilap yang terjadi pada atau tepat di bawah kulit dan folikel rambut. Karsinoma sel Merkel paling sering ditemukan pada kepala, leher dan batang tubuh.

3. Karsinoma kelenjar sebaceous

Kanker yang tidak biasa dan agresif ini berasal dari kelenjar minyak di kulit. Karsinoma kelenjar sebaceous – yang biasanya tampak keras, nodul tanpa rasa sakit – dapat berkembang di mana saja, tetapi kebanyakan terjadi pada kelopak mata, di mana mereka sering keliru untuk masalah kelopak mata lainnya.

Baca juga: 9 Kebiasaan Ini Menyebabkan Kanker Kulit!

Cara Mengobati Kanker Kulit

Berikut ini lima bahan alami yang bisa dijadikan sebagai obat kanker kulit:

1. Minyak kelapa

Sudah banyak diketahui bahwa minyak kelapa memiliki banyak nutrisi yang sangat baik untuk tubuh, tidak terkecuali untuk kulit Anda. Banyak yang menjadikan minyak kelapa sebagai bahan kosmetik dan obat alami, salah satunya dioles rutin untuk membantu penyembuhan kanker kulit karena minyak kelapa memiliki 9% asam palmitic.

2. Ekstrak terong

Sayur yang memiliki warna kulit ungu ini ternyata memiliki senyawa solasodine glycoside atau BEC5 yang membantu pengobatan kanker kulit. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak terong secara efektif mampu membunuh sel kanker karsinoma, squamosa, dan keratosis.

3. Minyak citrus

Minyak citrus didapatkan dari ekstrak kulit jeruk dan berbagai macam tanaman jeruk. Jika Anda menggunakan ekstrak kulit jeruk, ini juga sangat baik mengatasi kanker kulit. Disebut-sebut bahwa minyak citrus memiliki D-limolene untuk melindungi kulit dari kanker dan membantu perawatan kanker kulit.

4. Minyak lavender dan camomile

Minyak esensial sekaligus juga bisa dijadikan sebagai aromaterapi ini ternyata juga mampu melindungi kulit dari matahari dan mencegah kanker kulit. Cara menyembuhkan kanker kulit juga bisa dengan membuat air rendaman di bath tub untuk merendam tubuh sebagai cara relaksasi alami.

Baca juga: Tips Diet Musim Kemarau Cegah Kanker Kulit yang Mematikan!

5. Anggur beserta bijinya

Salah satu obat kanker kulit adalah anggur, karena memiliki banyak antioksidan, termasuk bijinya yang sebenarnya malah paling banyak memiliki antioksidan. Jadi, minum jus anggur setiap 2 kali sehari akan mempercepat penyembuhan kanker atau mencegah berkembangnya kanker di tubuh.

Jadi, sekarang sudah tahu yang harus Anda lakukan untuk mengobati kanker kulit bukan? Selamat mencoba di rumah, Teman Sehat!