Terbit: 2 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Seks dilakukan dengan menyatukan dua kelamin atau dengan bantuan tangan dan mulut. Karena organ yang disasar cukup vital dan letaknya di dalam khususnya vagina menjaga kebersihan harus dilakukan. Kalau hal ini tidak dilakukan, seks yang dilakukan akan membawa banyak bakteri yang menyebabkan infeksi.

5 Aturan Kebersihan yang Harus Dilakukan Sebelum dan Sesudah Bercinta

Kalau Anda ingin melakukan seks yang aman dan selalu terjaga kebersihannya coba terapkan lima aturan di bawah ini.

1. Mandi sebelum dan sesudah bercinta

Sebelum dan sesudah bercinta, Anda wajib mandi hingga bersih. Hal ini wajib dilakukan agar semua kotoran yang menempel hilang. Selain itu, kondisi tubuh yang segar juga akan membuat Anda semakin semangat untuk bercinta.

2. Potong kuku secara rutin

Potong kuku secara rutin sebelum bercinta. Tangan akan banyak digunakan untuk merangsang dan membantu aktivitas seks. Kalau kuku panjang bisa melukai kulit atau alat kelamin.

3. Bersihkan gigi hingga bersih

Gigi yang bersih dan rongga mulut yang segar akan membantu Anda melakukan seks oral. Selain itu, kemungkinan terjadi penularan penyakit bisa dihindari.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

4. Kencing sebelum dan sesudah bercinta

Berkemihlah sebelum bercinta. Kalau wanita sering menahan kencing, urine bisa memicu munculnya bakteri. Selain itu, menahan kencing para pria bisa mengganggu kemampuan ereksi yang dimiliki.

Setelah aktivitas seks selesai, segerakan untuk berkemih. Kotoran yang muncul saat penetrasi bisa segera dikeluarkan.

5. Ganti pakaian dan seprai

Setelah bercinta dengan pasangan, jangan lupa untuk mengganti pakaian. Ganti semua dalaman dengan yang bersih. Selanjutnya ganti seprai yang digunakan agar aktivitas tidur bisa berjalan dengan lancar dan tidak akan penyebaran penyakit yang berakibat buruk pada alat vital atau tubuh secara menyeluruh.

Semoga ulasan di atas bermanfaat saat Anda ingin berhubungan seks dengan pasangan.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi