5 Alasan Kenapa Menangis Baik untuk Kesehatan

Doktersehat-menangis
Photo Credit: Flickr.com/Tracy Joy

DokterSehat.Com –┬áSemua orang pasti pernah menangis, entah itu menangis karena sedih atau bahagia. Meski sebagian orang menganggap menangis adalah sebatas ungkapan perasaan saja, nyatanya menangis menyimpan banyak manfaat.

Meski menyimpan manfaat, menangis sering dianggap sebagai sesuatu yang kurang baik atau menunjukkan kelemahan seseorang, meski klaim ini tidak sepenuhnya benar–karena pada dasarnya, menangis adalah respons alami tubuh terhadap stres atau emosi tertentu,

Berikut adalah alasan kenapa menangis baik untuk Anda, antara lain:

  • Menyehatkan mata

Ketika menangis, air mata akan membasahi bola mata dan kelopak mata. Ini akan mencegah bola mata dari kekeringan. Selain itu, air mata juga mencegah dehidrasi pada membran mukus seseorang. Kondisi ini akan meningkatkan kemampuan penglihatan Anda.

  • Melindungi dari bakteri

Di dalam air mata terkandung zat antibakteri yang disebut dengan lisozim. Lisozim ini dapat membunuh bakteri tertentu dengan cara menghancurkan dinding sel bakteri. Sehingga, dengan adanya air mata yang selalu membasahi daerah sekitar mata, maka mata Anda akan terus terlindungi dari bakteri.

  • Meningkatkan mood

Menangis bisa menurunkan tingkat mangan dalam tubuh yang berkaitan dengan mood buruk. Tingkat mangan yang tinggi bisa memicu perasaan seperti cemas, agresivitas, emosi buruk, dan mood buruk lainnya. Terutama untuk air mata yang dipicu oleh emosi, di dalamnya terkandung protein albumin lebih tinggi yang bermanfaat untuk membawa molekul-molekul kecil.

  • Menurunkan stres

Beberapa ahli membandingkan efek olahraga dan menangis untuk meredakan stres. Mereka menemukan bahwa ketika orang menangis, hal itu akan menghilangkan zat kimia yang terkumpul dalam tubuh seperti endorfin, leucin-enkaphalin, dan prolactin yang bisa memicu stres dan memperburuk mood.

Banyak orang yang mengakui merasa lebih baik setelah menangis. Apalagi bagi mereka yang sedang berkabung, frustrasi, dan mengalami hari yang buruk.

  • Sebagai terapi

Jika hari-hari Anda dipenuhi perasaan negatif, cobalah untuk menangis. Menangis dipercaya menjadi salah satu terapi untuk mengatasi perasaan negatif. Manfaat menangis lanjutannya adalah hal ini juga bisa membantu kesehatan, karena perasaan negatif yang berkumpul sering kali juga bisa memberikan tekanan pada kesehatan saraf dan kardiovaskular.

Sementara itu, manfaat psikologis dari menangis adalah meningkatkan suasana hati dan membantu Anda menghadapi situasi yang menyulitkan.

Nah, itulah beberapa manfaat menangis untuk kesehatan. Mulai saat ini, jangan ragu lagi untuk menangis karena hal itu memberikan banyak manfaat bagi kondisi fisik dan mental Anda.

Mengatasi Mata Bengkak Setelah Menangis

Mata terlihat bengkak biasanya muncul setelah seseorang menangis. Kondisi ini sering kali membuat seseorang malu untuk bertemu dengan orang lain. Berbagai cara pun dilakukan untuk menutupi bengkak, salah satunya adalah menggunakan kacamata hitam. Selain kacamata hitam, terdapat cara lain yang bisa Anda coba, di antaranya:

  • Hindari mengucek mata dan menggunakan mentimun

Mengucek-ngucek mata hanya akan membuat bengkak menjadi tambah besar. Sementara itu, menaruh mentiumun dan kantung teh celup di atas mata tidak disarankan oleh pakar kesehatan, karena bisa saja mengandung bakteri yang justru malah membuat mata menjadi infeksi.

  • Kompres dingin

Guna mengecilkan mata bengkak akibat menangis, Anda bisa mencoba mengompresnya dengan air dingin. Anda hanya perlu tiduran sambil memejamkan mata, lalu meletakkan handuk atau kain yang sudah direndam air dingin ke area mata selama kurang lebih 10 menit. Tindakan ini dapat membantu menyempitkan pembuluh darah yang membuat aliran cairan ke jaringan lunak di sekitar mata

  • Meninggikan kepala

Menghilangkan mata bengkak setelah menangis juga bisa dilakukan dengan mengurangi aliran darah mata. Caranya, jaga agar letak kepala lebih tinggi dari jantung. Kalau pun ingin tiduran, disarankan untuk meletakkan bantal di bawah kepala.