Terbit: 10 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Meski seks tetap bisa dilakukan saat wanita hamil, beberapa orang lebih memilih untuk tidak melakukannya dengan sering. Saat hamil, wanita mengalami banyak perubahan pada tubuh baik dari segi fisik atau mental. Perubahan ini sedikit banyak memengaruhi kemampuan seks wanita hingga akhirnya melahirkan.

5 Alasan Kenapa Kehamilan Memengaruhi Kehidupan Seks Wanita

Berikut 5 alasan kenapa kehamilan memengaruhi kehidupan seks wanita.

1. Ada perubahan hormon yang signifikan

Pada trimester pertama atau setidaknya 10 minggu setelah kehamilan terjadi, wanita akan mengalami penurunan jumlah hormon di dalam tubuh. Kondisi ini menyebabkan mereka mengalami rasa capai yang besar meski tidak melakukan apa-apa. Lebih lanjut wanita juga kerap mengalami mual dan area di payudara sensitif.

2. Peningkatan peredaran

Memasuki trimester kedua wanita akan mulai mengalami kenaikan peredaran darah. Tumbuhnya janin membuat wanita jadi lebih normal dan lebih terangsang untuk bercinta dengan pasangan.

Kondisi ini terjadi karena peredaran darah dalam tubuh berjalan dengan lancar. Dampaknya, aliran ke dada, puting, hingga ke area vagina tidak bisa dibendung lagi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

3. Libido meningkat

Seperti yang dikatakan sebelumnya, peningkatan peredaran darah di dalam tubuh menyebabkan wanita  mengalami kenaikan libido. Kondisi ini kerap tidak tertahankan sehingga sering mengajak pasangannya berhubungan badan agar lebih nyaman.

4. Merasa bebas

Kehamilan yang dialami oleh wanita juga menyebabkan mereka merasa lebih bebas. Pikirannya tidak terlalu terganggu sehingga apa saja yang dilakukan bisa berjalan dengan lebih lancar termasuk seks.

5. Tidak nyaman saat bercinta

Selama hamil dan akhirnya melakukan persalinan, wanita mengalami kenaikan berat badan hingga 17 kilogram. Dengan kenaikan berat badan ini aktivitas seks kadang berjalan dengan tidak nyaman dan tidak bisa mencoba beberapa gerakan tertentu.

Inilah lima alasan mengapa kehamilan memberikan perubahan pada kehidupan seks wanita. Perubahan mana saja yang Anda alami?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi