5 Alasan Anda Harus Mulai Menggunakan Tabir Surya

Krim-doktersehat
Photo Credit: Pexels.com/ Linda Prebreza

DokterSehat.Com– Sebagai negara yang terletak di katulistiwa, Indonesia selalu mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun. Oleh karena itu, penggunaan tabir surya sebenarnya sangatlah penting untuk melindungi kulit. Tabir surya akan melindungi kulit dari bahaya yang mungkin terjadi akibat paparan sinar matahari secara terus-menerus. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Anda harus mulai menggunakan tabir surya seperti yang dilansir dari stylecraze.

Photo Credit: Pexels.com/Linda Prebreza

1. Melindungi kulit dari sinar UV

Lapisan ozon bumi telah semakin menipis sehingga Anda berisiko terpengaruh oleh sinar UV yang berbahaya bagi kulit. Meskipun Anda membutuhkan vitamin D harian dari sinar matahari, bukan berarti Anda bisa membiarkan kulit terpapar sinar matahari begitu saja.

2. Mengurangi risiko kanker kulit

Menggunakan tabir surya secara rutin akan melindungi kulit Anda dari risiko berbagai jenis kanker kulit terutama melanoma. Kanker ini sangat berbahaya dan dapat mengancam jiwa terutama pada mereka yang berusia 20an.

3. Mencegah penuaan dini

Paparan matahari yang berlebihan juga dapat memicu munculnya tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis-garis halus. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang menggunakan tabir surya yang berusia di bawah 55 tahun memiliki 24% risiko lebih kecil mengembangkan tanda-tandan penuaan daripada mereka yang tidak menggunakan tabir surya.

4. Mencegah kulit terbakar matahari

Ketika kulit terbakar matahari, kulit akan menjadi lebih lemah dan mudah terluka. Anda dapat merasa gatal, kemerahan, bengkak, atau kulit mengelupas. Kulit yang melepuh karena sinar matahari juga dapat meningkatkan risiko terjadika kanker kulit.

Pepatah mengatakan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Menggunakan tabir surya bisa jadi akan cukup merepotkan karena terkadang Anda harus mengulang pemakaiannya dalam satu hari. Namun, demi menjaga kesehatan kulit, tidak ada salahnya meluangkan sedikit waktu tambahan untuk menggunakan tabir surya.