4 Zat Gizi Yang Penting Pada Trimester Pertama Kehamilan

doktersehat-gizi-hamil

DokterSehat.Com– Selama masa kehamilan, asupan gizi menjadi sangat penting mulai dari trimesteri pertama hingga ketiga. Pada trimester awal kehamilan asupan zat gizi sama sekali tidak boleh diremehkan karena pada masa ini organ-organ vital janin mulai terbentuk.

Trimester pertama kehamilan adalah masa awal pembentukan berbagai sistem dan organ penting janin, salah satunya adalah sum-sum tulang belakang, sistem saraf dan otak. Untuk itu ada tiga jenis zat gizi penting yang harus dipenuhi kebutuhannya selama trimester pertama kehamilan, yaitu:

1. Asam folat

Asam folat sudah sangat terkenal dengan fungsinya untuk kesehatan ibu hamil. Fungsinya sangat penting dalam pembentukan sistem saraf pusat termasuk otak. Untuk itu asam folat sangat penting dikonsumsi yang diperoleh dari bahan makanan sayur berdaun hijau, tempe serta kacang-kacangan.

2. Asam lemak tak jenuh

Lemak tak jenuh juga penting untuk masa kehamilan pertama bumil lho. Seperti yang kita ketahui salah satu bentuk turunan asam lemak jenuh, misalnya omega-3, sangat penting bagi kesehatan otak ya. Hal ini juga sangat penting untuk pembentukan sistem saraf pusat dan otak janin. Asam lemak tak jenuh bisa diperoleh dari ikan laut misalnya ikan tengiri, ikan kembung, ikan tuna atau ikan tongkol.

3. Vitamin B12

Vitamin B12 penting untuk perkembangan sel-sel janin. Hal ini sangat penting untuk mendukung pembentukan berbagai organ pada trimester awal kehamilan. Vitamin B12 bisa diperoleh dari produk olahan kacang kedelai, telur, daging ayam, keju dan susu.

4. Vitamin D

Pada trimester awal kehamilan, vitamin D penting untuk membantu penyerapan kalsium dan mineral dalam tubuh ibu. Kedua zat tersebut dipergunakan sebagai bahan baku pembentukan berbagai organ dan sistem tubuh janin. Vitamin D dapat terpenuhi kebutuhannya dari paparan sinar matahari, konsumsi ikan salmon dan susu.

Nah, dengan pemenuhan empat jenis zat gizi tersebut maka pembentukan organ vital dan sistem tubuh janin akan semakin optimal, kan?