4 Vitamin yang Baik untuk Merawat Kesehatan Kulit

doktersehat-wanita-muka-wajah-cantik-make-up-aspirin-bersihkan-wajah

DokterSehat.Com– Kulit merupakan bagian tubuh yang wajib utuk dijaga kesehatannya. Menjaga kesehatan kulit ternyata dapat disiasati dengan memperbanyak asupan nutrisi yang baik untuk kulit. Dilansir dari laman kesehatan Health Line, berikut empat jenis vitamin yang dapat membuat kulit Anda semakin sehat.

1. Vitamin D

Vitamin D merupakan vitamin yang biasanya tercipta pada kulit secara alami saat Anda terkena sinar matahari. Kendati demikian, menurut Health Line, vitamin D juga dapat terbentuk dari kolesterol. Sebagai tambahan informasi, vitamin D berperan penting dalam menentukan tone kulit. Tidak hanya itu saja, vitamin D juga mencegah terjadinya psoriasis.

2. Vitamin C

Mungkin banyak dari Anda yang mengenal vitamin C sebagai salah satu vitamin yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Namun, vitamin C juga memegang peranan penting terutama dalam melindungi kulit dari radiasi sinar UV. Lebih lanjut, vitamin C juga menstimulasi proses sintesis kolagen pada kulit yang menjaga keelastisitasan kulit.

3. Vitamin E

Antioksidan merupakan bahan aktif yang memberikan banyak manfaat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Salah satu sumber antioksidan ternyata berasal dari makanan atau suplemen yang mengandung vitamin E. Tidak hanya mencegah dampak buruk dari radiasi sinar UV, vitamin E juga ampuh dalam memudarkan flek-flek hitam serta menghilangkan garis halus penyebab keriput.

4. Vitamin K

Jenis vitamin terakhir yang diklaim oleh Health Line sebagai vitamin terbaik untuk kulit adalah vitamin K. vitamin K merupakan vitamin yang membantu kulit memudarkan stretch marks, bekas luka, flek hitam hingga mata panda. Selain itu, vitamin K juga dapat meredakan peradangan mau pun pembengkakan yang terjadi pada kulit.

Vitamin-vitamin di atas tidak hanya bisa didapatkan dari penggunaan skincare atau salep tertentu. Anda juga bisa mendapatkan vitamin-vitamin tersebut dengan mengonsumsi makanan seperti buah dan sayur atau pun suplemen khusus. Selain itu, agar kulit tetap sehat imbangi dengan menjaga asupan cairan tubuh.