4 Tips untuk Memaksimalkan Latihan Kardio Agar Tidak Membosankan

tips-fitnes-doktersehat
Photo Credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Latihan kardio memang bisa dilakukan di manapun dan kapanpun. Namun, jika Anda salah memilih jenis latihan kardio, maka Anda akan merasa bosan. Tentu saja, hal tersebut akan sangat merugikan Anda. Anda sudah melakukan latihan kardio selama berjam-jam, namun Anda tidak mendapatkan apa-apa. Sebaliknya, Anda hanya membuang waktu dan biaya dengan percuma jika Anda melakukan latihan tersebut di pusat kebugaran.

Photo Credit : pexels.com

Mulai sekarang, Ada baiknya jika Anda melakukan langkah-langkah berikut ini agar latihan kardio Anda lebih singkat dengan hasil lebih besar dan tentu saja tidak membosankan.

1. Dengarkan Musik

Saat Anda sedang latihan kardio, pilihlah musik yang bernada upbeat sebagai salah satu cara untuk memaksimalkan latihan kardio Anda. Selain dapat membangkitkan semangat, musik upbeat juga dapat membuat waktu seakan berputar lebih cepat, sehingga Anda tidak merasa bosan melakukan latihan kardio yang bisa memakan waktu cukup lama.

2. Pilihlah Latihan yang Anda Sukai

Beberapa jenis latihan kardio emang sangat mudah untuk dilakukan. Namun, tidak semua jenis latihan tersebut Anda sukai. Untuk itu, Anda harus memilih jenis latihan kardio yanh memang Anda sukai agar pasa saat dilakukan, Anda tidak merasa bosan. Misalkan Anda suka berenang, maka Anda cukup latihan berenang saja dan jangan mencoba jenis latihan kardio yang lain.

3. Memiliki Peralatan yang Tepat

Peralatan latihan kardio juga sangat penting. Apapun latihan kardio yang Anda pilih, Anda diharuskan memiliki peralatan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan latihan Anda. Peralatan latihan ini akan sangat berguna untuk Anda saat sedang latihan kardio karena bisa melindungi Anda dari cidera. Misalkan Anda sedang latihan lari, maka Anda harus mempunyai sepatu lari yang nyaman agar tetap bisa berlari tanpa membuat kaki Anda lecet.

4. Ganti Mesin atau Alat Kardio

Jika Anda melakukan latihan kardi di pusat kebugaran, Anda akan melihat banyak jenis mesin atau alat yang dapat dipakai untuk latihan. Biasanya Anda akan mencoba menggunakan salah satu mesin atau alat tersebut hingga berjam-jam sampai Anda bosan. Anda bisa berganti mesin atau alat tersebut, misalkan Anda menggunakan mesin treadmill, maka 30 menit selanjutnya Anda bisa berganti menggunakan mesin atau alat lainnya.