Terbit: 23 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Asupan serat tentu penting untuk semua usia ya, tidak terkecuali anak-anak. Kebutuhan serat anak harus selalu dipenuhi dengan cara pemilihan bahan makanan yang tepat. Hal ini tentu akan mendukung tumbuh kembang anak yang optimal.

4 Tips Tingkatkan Asupan Serat Anak

Pemilihan bahan makanan yang tepat juga harus diiringi dengan kebiasaan mengonsumsi makanan tinggi serat setiap hari. Untuk itu pakar kesehatan Maryann Tomovich, dari WebMD berbagi tips bagaimana agar asupan serat anak bisa selalu terpenuhi, yaitu:

1. Sajikan buah dan sayur dalam bentuk yang menarik

Usahakan untuk membuat anak tertarik dengan olahan buah dan sayur. Hal paling mudah yang bisa dilakukan adalah dengan membuat bentuk wajah di atas piring atau mangkuk anak. Buat hiasan dari bahan baku buah dan sayur untuk bekal anak. Hal ini akan membuat anak menyukai dan terbiasa mengonsumsi makanan tinggi serat sejak dini.

2. Memilih buah dan sayur yang segar

Sayur dan buah tinggi cairan juga tinggi serat lo. Anak tentu menyukai buah dengan rasa yang segar dan berair di mulut, kan? Pilih buah atau sayur tinggi air, misalnya tomat, semangka atau jambu. Hal ini juga untuk mengenalkan berbagai jenis buah dan sayur pada anak. Kita bisa mengolahnya menjadi jus atau saus tomat alami.

3. Biasakan anak mengonsumsi kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan sumber serat yang tinggi setelah buah dan sayur. Biasakan anak untuk menjadikan kacang sebagai camilan harian atau tambahkan olahan kacang, misalnya selai kacang pada camilan kesukaannya misalnya biskuit.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

4. Menyajikan whole grain di pagi hari

Buat anak terbiasa mengonsumsi whole grain di pagi hari. Selain kaya gizi dan serat, whole grain akan membuat anak kenyang lebih lama. Hal ini tentu baik untuk meningkatkan asupan serat tubuh dan membuat anak lebih siap dalam menjalani aktivitas hariannya.

Nah, itu dia empat tips agar asupan serat anak selalu terpenuhi, cukup mudah dilakukan, kan?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi