Terbit: 30 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Daging kerap dipilih sebagai sumber protein yang baik untuk anak. Berbagai variasi olahan daging kini semakin beragam agar anak lebih menyukainya. Namun, hal penting yang juga harus kita perhatikan tentu saja memilih daging yang sehat untuk anak.

4 Tips Sehat Memilih Daging Untuk Anak

Ada cukup banyak jenis daging yang bisa kita pilih sebagai variasi makan anak, daging merah, daging unggas atau ikan. Meskipun tekstur dan jenis ketiga daging tersebut berbeda, namun poin penting pemilihannya tetaplah sama, yaitu:

1. Selalu memilih daging yang segar

Daging yang diproses, atau processed meat, sangat umum menggunakan bahan tambahan seperti garam, lemak atau sodium. Hal ini sebaiknya tidak dipilih untuk anak. Jika Anda ingin memberikan variasi jenis daging olahan yang cocok untuk anak maka pilih daging giling tanpa penambahan bumbu atau menggiling sendiri daging yang akan Anda sajikan pada anak.

2. Pilih daging yang rendah lemak

Daging sapi bagian dalam, unggas tanpa kulit dan ikan yang tidak berlemak, bisa dipilih sebagai sajian daging untuk anak. Metode masak daging untuk anak juga sebaiknya dipilih yang rendah lemak seperti panggang, asap atau bakar.

3. Mengolah atau memilih daging yang mudah ditelan anak

Pastikan Anda mengolah daging hingga daging lembut, penggunaan bahan alami, misalnya parutan buah nanas, atau bumbu alami lainnya, dianjurkan agar daging semakin empuk saat dimasak. Selain itu memilih daging giling segar atau memotong daging menjadi ukuran kecil juga bisa dilakukan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

4. Utamakan memilih daging ikan, sajikan 3-4 kali dalam seminggu

Ikan memiliki kandungan omega-3 yang sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Ikan juga rendah akan kolesterol sehingga sangat baik untuk membiasakan anak makan ikan.

Nah, itu dia empat tips sehat memilih daging untuk anak. Dengan pemilihan daging yang tepat maka asupan protein anak akan semakin berkualitas, kan?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi