4 Tips Pilihan Makanan Cegah Penyakit Ginjal

doktersehat-gagal-ginjal-Hemoialisis-konsultasi

DokterSehat.Com– Meskipun tidak banyak dipengaruhi langsung oleh makanan, namun penyakit ginjal bisa dicegah dengan pemilihan makanan yang tepat lo.

Dengan melakukan pemilihan yang mampu mencegah penyakit ginjal, beberapa kondisi yang merupakan faktor risiko utama penyakit ginjal bisa dihindari.

Jason C Baker, pakar kesehatan dari Weill Cornell Medicall College menyebutkan bahwa ada tiga kondisi yang berkontribusi besar terhadap penyakit ginjal yaitu gula darah, tekanan darah serta kolesterol darah yang tinggi.

Jika kita mengalami salah satu dari ketiga kondisi diatas, maka risiko terjadinya penyakit ginjal akan semakin besar, utamanya jika kondisi kadar darah diatas tidak diatur.

Untuk itu, pemilihan makanan yang tepat mampu mencegah dan mengurangi risiko penyakit ginjal. Beberapa pilihan yang dianjurkan oleh Linda Ulerich, dietitian dari Kidney.org, adalah:

  1. Terapkan diet yang seimbang dan bervariasi

  2. Penerapan pola makan sehat dengan pedoman yang tepat, misalnya piramida mediterania atau pedoman gizi seimbang akan mendukung kesehatan jantung dan ginjal yang baik.

  3. Makanan yang rendah kolesterol

  4. Pilih bahan makanan yang tidak memengaruhi kadar kolesterol darah, hindari pemilihan jeroan daging seperti bagian usus, atau otak sapi. Konsumsi bahan makanan berprotein hewani sebaiknya tidak digoreng sehingga asupan minyak tidak meningkatkan kadar lemak dalam tubuh.

  5. Makanan yang tidak meningkatkan kadar gula darah

  6. Konsumsi makanan karbohidrat sederhana yang berlebihan, misalnya gula, sirup atau minuman manis buatan meningkatkan risiko kadar gula darah meningkat. Sehingga batasi konsumsi minuman manis sesuai anjuran yaitu maksimal penggunaan gula pasir maksimal 4 sendok makan dalam sehari atau setara dengan konsumsi minuman manis kemasan sebanyak 2 kali.

  7. Menjaga asupan garam agar tekanan darah tidak meningkat

  8. Asupan garam dan makanan asin berlebihan menyebabkan peningkatan tekanan darah. Kurangi konsumsi makanan kemasan yang mengandung banyak natrium yang meningkatkan risiko hipertensi.

Penerapan keempat poin diatas merupakan penerapan pola hidup sehat, yang jika kita lakukan tidak hanya ginjal yang terjaga namun juga banyak organ dan sistem tubuh yang terdukung kesehatanannya. Jadi, yuk sama-sama kita terapkan.