Terbit: 24 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda mendengar tentang clean eating? Masih jarang kita dengar, namun sebenarnya penerapan clean eating ini merupakan salah satu dasar hidup sehat yang perlu kita lakukan, lho.

4 Tips Menjalankan Clean Eating

Clean eating merupakan istilah makan sehat yang mengajak agar kita semakin banyak mengonsumsi bahan makanan utuh dan segar. Misalnya buah, sayur, daging segar, biji-bijan utuh dan pemilihan lemak yang baik. Serta melakukan pembatasan ketat pada makanan yang diproses atau mendapatkan penambahan bahan pangan, misalnya camilan kemasan.

Kedua hal diatas adalah prinsip clean eating yang mampu mengarahkan pola hidup kita menjadi lebih sehat. Jika kita ingin menerapakan clean eating, beberapa tips yang bisa dilakukan adalah:

  1. Memilih bahan makanan yang tidak diproses melalui label kemasan

  2. Memilih bahan makanan segar atau utuh yang tidak diproses tentu mudah kita lakukan. Namun beberapa produk kemasan juga menyajikan bentuk gandum utuh, sehingga konsumsinya bisa tetap mendukung penerapan clean eating. Pemrosesan makanan pada clean eating dianjurkan menggunakan satu metode masak yaitu yaitu rebus atau panggang atau bakar saja.

    - Iklan -
    Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

  3. Menghilangkan sepenuhnya penambahan garam, gula, atau lemak

  4. Penambahan gula, garam dan lemak tidak termasuk clean eating karena merupakan bahan olahan dan konsumsinya yang berlebihan justru bertolak belakang dengan prinsip clean eating.

  5. Tidak mengonsumsi olahan produk yang sering dianggap sama

  6. Konsumsi sayur lebih dianjurkan daripada keripik sayur serta daging segar lebih dianjurkan dibandingkan dengan daging olahan, misalnya nugget. Selalu pilih produk yang masih utuh dan segar dengan pengolahan makanan minimal.

  7. Usahakan untuk mengolah dan mengonsumsi makanan dirumah

  8. Dengan mengolah makanan dirumah, kita dapat mengatur metode pemasakan yang sesuai selain itu makanan yang dibuat dirumah bisa kita pastikan kebersihan dan proses pembuatan makannya untuk menjamin clean eating kita berjalan dengan baik.

Menurut pakar gizi, Emily Brown dari Mayo Clinic penerapan clean eating merupakan kebiasaan baik yang akan mendukung pola makan sehat karena asupan zat gizi sebagian besar terpenuhi dari bahan makanan alami.

Bagaimana, kira-kira kapan Anda akan memulai menerapkan clean eating ini?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi