Terbit: 2 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Menghadapi anak yang suka membuang makanan dapat membuat orang tua menjadi resah. Melihat makanan yang sudah disiapkan dan disajikan dengan susah payah terbuang sia-sia tentu membuat orang tua kecewa. Belum lagi anak gagal mendapatkan kebutuhan gizi dari makanan tersebut.

4 Tips Menghadapi Anak yang Suka Membuang Makanan

Tips menghadapi anak yang suka membuang makanan

Bagi anak yang suka membuang-buang makanan, orang tua perlu mengetahui apa penyebab anak gemar melalukan hal tersebut. Dilansir dari laman Belly Belly, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk menghadapi anak yang suka membuang-buang makanan:

1. Buat suasana makan jadi menyenangkan
Anak yang dipaksa makan mungkin memiliki kecenderungan untuk membuang-buang makanan. Membuang makanan bisa jadi merupakan salah satu bentuk protes anak. Untuk mengatasinya, buat suasana makan jadi menyenangkan dan matikan televisi agar anak fokus pada makanannya.

2. Dukung anak untuk mencoba apa pun yang ada di piring
Membuat anak mau menghabiskan makanan apa pun yang ada di piring memang sebuah tantangan tersendiri. Namun Anda bisa melatihnya untuk membiasakan diri menghabiskan makanan yang ada di hadapannya. Berikan cerita-cerita menyenangkan seputar makanannya seperti apa khasiat wortel, atau cerita-cerita anak yang melibatkan wortel.

3. Kurangi camilan di antara waktu makan
Berikan camilan di waktu yang tepat agar anak fokus dengan menghabiskan makanannya di saat jam makan besar. Terlalu sering memberikan camilan pada waktu jam makan akan membuat anak malas makan dan justru akan membuang-buang makanan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

4. Jangan fokus pada makanan yang dibuang
Melihat makanan yang dibuang memang dapat menghabiskan kesabaran. Membersihkan makanan yang terbuang pun butuh tenaga lebih. Namun hal yang tidak kalah penting adalah kondisi anak ketika makan dan mengapa ia membuang-buang makanan tersebut.

Tanyakan pada anak mengapa ia bersikap demikian. Jika alasannya adalah karena ia sedang tidak ingin makan, maka berikan makanan tersebut beberapa waktu kemudian. Jika ia tidak menyukai makanan tersebut, berikan makanan yang disukai oleh anak-anak


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi