Terbit: 17 April 2018 | Diperbarui: 23 Oktober 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Saat mendengar makanan untuk hipertensi, kita tentu teringat bahwa yang perlu dilakukan adalah membatasi garam. Ya, pada penderita hipertensi penggunaan garam memang harus dibatasi, namun tidak hanya garam saja lo.

4 Tips Memilih Makanan Untuk Penderita Hipertensi

Hal penting yang harus diperhatikan adalah asupan sodium atau natrium yang ada pada bahan makanan. Kandungan tersebut tidak hanya ada pada garam saja, untuk itu penting bagi penderita hipertensi mengetahui bagaimana cara memilih makanan yang tepat agar tidak meningkatkan tekanan darahnya.

National Heart, Lung and Blood Institute menyebutkan beberapa tips atau prinsip mendasar dalam pemilihan bahan makanan untuk penderita hipertensi, yaitu:

1. Pilih makanan dengan metode panggang atau bakar

Beberapa metode masak, misalnya masakan yang berkuah atau diasap, menggunakan banyak garam. Hal ini tentu harus dihindari oleh penderita hipertensi ya. Untuk itu usahakan memilih bahan makanan, utamanya makanan berprotein, yang dipanggang atau dibakar.

2. Memilih bahan makanan segar, bukan kaleng atau beku

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Makanan kalengan atau makanan beku umumnya mendapatkan tambahan bahan pangan, baik pengawet atau natrium/sodium. Untuk menguranginya usahakan selalu memilih bahan makanan segar, baik sayur, buah, ikan atau daging.

3. Gunakan bahan makanan berkarbohidrat tanpa rasa

Kini tentu mudah bagi kita menemukan oatmeal atau pasta yang sudah dilengkapi dengan tambahan rasa ya. Produk karbohidrat dengan tambahan rasa ini tidak dianjurkan untuk penderita hipertensi, karena umumnya penambahan rasa pada makanan kemasan atau makanan kering menggunakan bahan tambahan yang tinggi natrium atau sodium.

4. Menggunakan berbagai bumbu rempah alami

Hindari penggunaan vetsin, saus kemasan, kecap atau olahan bumbu kemasan lainnya. Beralihlah ke bumbu alami misalnya bawang-bawangan, cabai atau cuka. Hal ini akan sangat membantu mengingat penggunaan bumbu kemasan juga memiliki cukup banyak kandungan natrium dan sodium, kan?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi