Terbit: 7 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apa yang paling sering Anda konsumsi saat makan siang? Umumnya makan siang memberikan asupan energi yang paling besar untuk tubuh. Maka dari itu, pemilihan makan siang yang sehat tentu akan meningkatkan asupan gizi yang baik untuk tubuh.

4 Tips Makan Siang Sehat

Berbagai panduan dan asosiasi kesehatan menganjurkan asupan makanan yang bergizi saat makan siang. Untuk itu, The Australia Nutrition Foundation menyebutkan beberapa tips makan siang sehat, yaitu:

1. Memilih satu jenis menu makanan utama yang sehat

Makan siang memang menjadi penyumbang energi terbesar untuk tubuh, namun bukan berarti kita bisa mengonsumsi terlalu banyak menu utama untuk makan siang ya.

Pilih satu jenis menu saja dengan pendamping makanan sehat, misalnya pasta daging dengan sayur atau mi dengan ayam disertai dengan tambahan sayur atau sushi dengan sayur. Penentuan porsi yang tepat tentu bisa memenuhi kebutuhan energi tubuh.

2. Lengkapi dengan sayur dan buah

Kebutuhan energi yang besar saat makan siang tentu akan menjadi sehat jika dilengkapi dengan konsumsi sayur dan buah. Olah sayur dan buah dalam berbagi sajian misalnya jus buah atau makanan pendamping menu makanan utama.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Asupan sayur dan buah tidak harus selalu saat makan utama di siang hari, sayur dan buah juga bisa dipilih sebagai camilan sebelum atau sesudah makan siang agar asupan sayur dalam tubuh dapat meningkat.

3. Pilih menu yang tinggi protein

Protein yang tepat pada menu makanan utama akan mendukung asupan gizi yang lengkap. Daging, ikan atau telur bisa dipilih sebagai bahan makanan berprotein tinggi saat makan siang.

4. Tentukan minuman yang tepat

Segelas jus sayur atau buah, atau susu nabati bisa menjadi pilihan yang tepat. Tak hanya itu air putih tentu juga bisa menjadi pilihan minuman yang menyehatkan.

Nah, itu dia empat tips pilihan makanan agar makan siang kita lebih sehat. Jadi tips nomor berapa yang akan Anda coba terlebih dahulu?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi