4 Tips Belanja Makanan Sehat Untuk Diet Hipertensi

doktersehat-shopping-label-makanan-kadaluarsa

DokterSehat.Com– Diet untuk hipertensi atau diet DASH (Dietary Aspproaches to Stop Hypertension), berfokus pada peembatasan asupan garam harian. Umumnya mudah diterapkan, namun pilihan makanan yang tidak tepat saat berbelanja sering menggagalkan diet hipertensi.

Saat berbelanja penderita hipertensi akan melihat lebih banyak produk makanan yang membuat “lapar mata”, hal ini dapat menganggu keberhasilan diet hipertensi, karena bisa jadi makanan yang dipilih tidak tepat atau bahkan memiliki kandungan garam yang tinggi.

Untuk itu penting bagi penderita hipertensi mengatur pola belanjanya, menurut Mayo Clinic, beberapa hal yang bisa dlakukan agar pilihan makanan belanja tidak menganggu diet hipertensi, adalah:

  1. Membuat catatan belanja

  2. Saat mencatat apa yang akan dibeli, penderita hipertensi harus menyesuaikan dengan prinsip diet hipertensi. Sehingga makanan yang kita beli bisa lebih terkontrol dan bisa mendukung diet hipertensi.

  3. Makan sebelum belanja

  4. Penyebab lapar mata adalah kita merasa kenyang, untuk itu penderita diabetes sebaiknya makan terlebih dahulu sebeum berbelanja agar pembilan makanan saatu belanja sesuai dengan catatan yang telah dibuat sebelumnya.

  5. Beli makanan dalam bentuk segar

  6. Makanan yang diproses, misalnya makanan kemasan atau kaleng, memiliki kandungan sodium yang lebih tinggi daripada bahan makanan segar. Untuk itu utamakan membeli makanan dalam bentuk segar.

  7. Baca label kemasan

  8. Pada makanan kemasan tercantum label kandungan gizi makanan yang menunjukkan jumlah kandungan sodium dalam satu kali saji. Untuk itu jika penderita hipertensi ingin mengonsumsi makanan kemasanan, selalu perhatikan berapa banyak kandungan sodium pada produk tersebut, dan hindari produk jika kandungan sodiumnya termasuk tinggi.

Pemilihan makanan saat belanja memngaruhi keberhasilan diet hipertensi.

Jadi selain membatasi asupan garam, keberhasilan diet hipertensi juga didukung dengan pemilihan makanana yang tepat saat belanja ya.