Terbit: 2 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bau badan adalah salah satu masalah yang kerap dialami oleh sebagian orang. Bau badan bisa membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Selain itu, masalah ini juga sering membuat orang sekitar menjadi tidak nyaman. Oleh karenanya, kita harus pandai-pandai merawat tubuh agar terhindar dari bau badan.

4 Tips Agar Tubuh Tetap Harum Sepanjang Hari

Photo Credit: Flickr.com

Sampai saat ini, kebanyakan orang lebih memilih cara instan dalam menghilangkan bau badan, yakni menggunakan parfum atau pewangi buatan. Padahal, yang lebih baik adalah menghilangkan bau badan dari dalam tubuh, bukan menutupinya dengan wewangian tersebut. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah bau badan, berikut diantaranya:

1. Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Salah satu penyebab bau badan adalah faktor makanan. Ada begitu banyak jenis makanan yang bisa menimbulkan bau badan, seperti bawang merah, bawang putih, daging, gorengan, produk susu, dan tentunya junk food. Untuk itu, kurangilah mengonsumsi berbagai makanan tersebut dan perbanyak mengonsumsi makanan hijau, seperti timun, sayur kemangi, jeruk, dan sebagainya.

2. Kurangi Makanan Berminyak

Minyak adalah salah satu hal yang harus diperhatikan oleh setiap orang. Sebab, jika tubuh terlalu banyak mengonsumsi minyak, maka akan menimbulkan efek berbahaya. Selain itu, minyak juga bisa mengakibatkan bau tak sedap pada tubuh. Untuk itu kurangilah mengonsumsi makanan berminyak seperti gorengan dan sejenisnya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

3. Olahraga Teratur

Olahraga memang sebuah aktivitas yang memiliki segudang manfaat baik bagi kesehatan. Selain untuk kesehatan, faktanya olahraga juga bisa digunakan sebagai solusi dari bau badan. Hal itu dikarenakan ketika olahraga, tubuh akan mengeluarkan zat-zat dan senyawa penyebab bau tersebut. Semakin sering berolahraga, maka semakin bersih pula tubuh dari senyawa penyebab bau badan.

4. Konsumsi Air Putih

Perlu diketahui, kebiasaan meminum minuman berwarna merupakan kebiasaan yang kurang baik dan perlu dikurangi. Sebab, minuman berwarna akan menciptakan peradangan pada organ tubuh. Ketika terjadi peradangan, maka akan keluar cairan yang tentunya beraroma kurang sedap. Untuk itu, perbanyaklah minum air putih setiap harinya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi