DokterSehat.Com-Beberapa waktu lalu, dunia gempar dengan berita adanya buah melon yang berbakteri listeria. Ternyata bakteri listeria ini tidak hanya ada pada buah melon, bakteri listeria bisa pula ada pada bahan makanan yang sering kita konsumsi.

doktersehat-lemari-es-fridge-refrigerator

Listeria merupakan bakteri ke tiga yang menjadi penyebab kematian terbanyak akibat keracunan makanan. US Food Drug Administration menyebutkan, bahan makanan yang kerap terkontaminasi listeria adalah bahan makanan mentah, makanan yang tidak terpasteurisasi serta makanan siap makan yang tidak ditangani dengan tepat.

Selain itu penyimpanan atau pengolahan makanan pada suhu yang tidak tepat akan menyebabkan bakteri listeria rentan mengontaminasi makanan yang kita konsumsi.

Untuk itu penting bagi kita mengetahui apa saja tips agar terhindar dari bakteri listeria, yaitu:

1. Selalu bekukan makanan pada suhu yang tepat

Pastikan suhu pada frezeer dan kulkas, dibawah 0 dan 4 derajat celsius. Pada suhu tersebut bakteri tidak mampu mengontaminasi makanan.

2. Pastikan kebersihan lemari pendingin

Secara rutin, pastikan Anda selalu membersihkan bagian dalam kulkas atau frezeer. Hal ini tentu saja untuk menghindari kontaminan bakteri, termasuk listeria. Usahakan menyimpan makanan yang mudah mengontaminasi makanan lain, misalnya ikan atau daging mentah, pada wadah tertutup sebelum memasukkannya dalam kulkas, hal ini akan mendukung kebersihan lemari pendingin.

3. Gunakan termometer suhu di lemari pendingin

Sebaiknya kita menyiapkan termometer yang berbeda untuk kulkas dan frezeer. Letakkan termometer pada bagian tengah ruang kulkas atau frezeer dan selalu pantau paling tidak dua kali dalam satu hari agar suhunya tidak berubah.

4. Konsumsi makanan siap makan sesegera mungkin

Makanan siap matang tidak sebaiknya tidak disimpan lebih dari 2 jam pada suhu ruang. Maka dari itu sebaiknya segera habiskan makanan siap makan setelah Anda membelinya. Jika Anda belum berencana memakannya maka usahakan simpanlah diluar suhu danger zone.

Nah, itu dia empat tips untuk mencegah kontaminasi bakteri listeria, cukup mudah dilakukan, kan?