4 Tanda Disfungsi Seksual pada Wanita

doktersehat-french-kiss-ciuman-air-liur-tularkan-penyakit-seksual-menular

DokterSehat.Com – Tidak hanya pria, wanita pun juga mengalami disfungsi seksual atau ketidakmampuan organ seks melakukan fungsi dengan baik. Kondisi ini membuat wanita tidak bisa melakukan seks dengan baik serta sering mengalami gangguan. Wanita yang alami disfungsi seksual juga kerap mengalami stres karena merasa tidak mampu berbuat banyak dalam urusan ranjang.

Secara umum ada lima tanda disfungsi seksual pada wanita. Kalau tanda ini muncul, Anda tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi ini dan seks yang hebat bisa kembali didapatkan.

1. Vagina kering

Salah satu tanda disfungsi seksual pada wanita yang sering muncul dan mudah dirasakan adalah keringnya vagina. Organ ini seharusnya memiliki banyak pelumas saat pria melakukan rangsangan, tapi karena perbuahan hormon terjadi, cairan pelumas tidak bisa dihasilkan.

Untuk mengatasi kondisi ini gunakan cairan pelumas dengan bahan air.

2. Libido menurun

Saat mendekati menopause, gairah seksual pada wanita akan menurun. Kondisi ini menyebabkan wanita susah menikmati seks yang dilakukan. Untuk mengatasi kondisi ini wanita bisa memperbanyak konsumsi makanan yang mendongkrak libido dan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

3. Seks yang sakit

Ada kalanya seks tetap sakit meski sudah menggunakan pelumas. Kondisi ini bisa terjadi karena ada gangguan pada vagina berupa kista ovarium atau endometriosis. Gangguan ini bisa diatasi dengan pengobatan atau mungkin pembedahan.

4. Susah mendapatkan orgasme

Beberapa wanita jadi jarang mendapatkan orgasme dengan nikmat. Kondisi ini terjadi karena tubuh mengalami perubuhan hormon, rasa takut, dan juga penyakit kronis yang berhubungan dengan vagina. Segera konsultasikan kondisi ini dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Demikianlah empat tanda disfungsi seksual pada wanita yang disarikan dari Everyday Health. Semoga bermanfaat untuk kita semua!