Terbit: 3 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kaki merupakan bagian tubuh yang sering terlupakan untuk dirawat, seringnya karena bagian ini tidak terlalu terlihat. Padahal, kaki juga perlu dirawat dan tak melulu hanya pedicure saja. Terutama saat cuaca yang tidak menyenangkan, kaki bisa jadi kering dan pecah-pecah. Dan meski bisa ditutupi oleh kaos kaki dan sepatu, sebaiknya Anda mulai mempertimbangkan rutinitas perawatan kaki berikut ini:

4 Rutinitas yang Harus Dilakukan Agar Kaki Tidak Kering dan Pecah-Pecah

Merendam kaki

Tak hanya tubuh yang perlu direndam ketika lelah dan butuh disegarkan, kaki juga. Ketika lelah atau merasa kaki butuh perawatan, Anda bisa merendam kaki dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Misalnya dengan garam epsom atau minyak esensial. Kedua bahan ini akan membantu mengurangi sakit pada otot dan merilekskan kaki. Gunakan air hangat ya agar pengalaman merendam kaki lebih maksimal.

Coba batu apung atau foot scrub

Demi mendapatkan kaki selembut kaki bayi Anda tentunya memerlukan perawatan khusus. Yang ini caranya mudah asal Anda melakukannya secara rutin. Yep, Anda hanya butuh ritual menggosok kaki dengan batu apung atau batu lulur saat mandi. Aktivitas ini akan membuat kaki terhindar dari kapalan dan kulit kering karena tumpukan sel kulit mati pun jadi berkurang. Kaki akan mulus dan membuat Anda makin percaya ciri.

Jangan pakai pelembab ketika kaki kering

Ini adalah kesalahan yang sering dilakukan oleh banyak orang. Pelembab, lotion atau minyak yang digunakan pada kaki sebaiknya dipakai saat kaki sedang tidak dalam keadaan kering. sebab Anda tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal. Nah sebaiknya, Anda bisa mengoleskan pelembab, lotion atau minyak kaki ketika baru selesai mandi. Kulit masih terasa lembab dan tak terlalu kering. dengan begitu manfaat yang dirasakan bisa lebih maksimal.

Masker kaki? Kenapa tidak

Anda pasti sering melihat toko online yang menjual masker kaki. Terlihat begitu ajaib, tinggal pakai semalamam lalu kaki bisa mulus di keesokan harinya. Ingin yang lebih murah dan mudah? Anda bisa memakai krim kaki atau lotion/ pelembab yang biasa Anda gunakan pada malam hari lalu pakai kaos kaki setelah pengolesan. Rutinitas ini sebaiknya dilakukan setelah mandi atau kaki direndam dengan air hangat terlebih dahulu.

Tidak sulit kan memiliki kaki yang mulus? Selamat tinggal kulit kaki kering pecah-pecah, tips di atas sangat mudah kok.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi