4 Pilihan Makanan Sehat Saat Masa Menstruasi

doktersehat-wanita-sakit-perut-menstruasi-datang-bulan

DokterSehat.ComDismenore atau nyeri saat menstruasi, kondisi emosi atau mood yang tidak stabil yang diiringi dengan pusing sakit punggung dan lainnya menjadi hal yang sangat mengganggu saat menstruasi. Tidak jarang banyak yang memilih mengonsumsi obat atau minuman khusus penghilang haid. Namun sebenarnya dengan pilihan makanan yang tepat kita bisa membantu mengurangi atau bahkan mencegah semua hal tersebut lho.

Penelitian yang dilakukan oleh Physicians Committee for Responsible Medicine, menyebutkan bahwa makanan bisa memengaruhi kondisi fisik saat menstruasi karena akan memengaruhi pembentukan hormon estrogen.

Saat masa menstruasi, pemilihan makanan yang tidak tepat bisa menyebabkan hormon estrogen menjadi tidak stabil. Umumnya makanan yang kaya akan lemak dan asupan makanan berprotein yang berlebihan akan menyebabkan hormon estrogen semakin meningkat. Hal ini disebut berpengaruh pada kondisi nyeri saat menstruasi.

Penelitian tersebut menyebutkan bahwa perempuan yang menerapkan diet vegetarian lebih rendah mengalami dismenore dan gejala PMS, atau pre menstrual syndrome, jika dibandingkan dengan perempuan non-vegetarian.

Hal tersebut yang membuat prinsip penerapan makanan sehat saat menstruasi mirip dengan kebiasaan makan vegetarian. Beberapa pilihan makanan sehat yang bisa mengurangi nyeri menstruasi, adalah:

 

  • Makanan berkarbohidrat utuh

 

    1. , misalnya

whole grain

    1. seperti roti gandum utuh, berasa merah atau olahan biji-bijian utuh lainnya

 

    1. Sayuran kaya serat, seperti brokoli, daun bayam, wortel, ubi baik dikonsumsi selama masa menstruasi

 

    1. Buah-buahan tinggi serat, misalnya jambu biji dan apel, serta

 

  1. Kacang-kacangan, misalnya kacang kedelai dan kacang hijau

Pilihan makanan diatas adalah makanan tinggi serat yang terbukti memengaruhi hormon estrogen selama masa menstruasi. Kita dianjurkan mengonsumsinya lebih sering, misalnya sebagai camilan.

Nah, jadi sebelum dan saat menstruasi tingkatkan konsumsi 4 makanan di atas agar terhindar dari nyeri dan PMS ya.