Ingin Menaikkan Berat Badan? Pilih 4 Camilan Sehat Ini!

DokterSehat.Com– Apakah Anda sedang ingin meningkatkan berat badan? Jika iya, maka camilan tentu menjadi salah satu waktu makan yang harus Anda perhatikan pemilihannya dengan tepat, ya.

Camilan menjadi salah satu kunci agar peningkatan berat badan bisa terjadi dengan optimal dan dapat dipertahankan.

Hal ini akan mendukung peningkatan berat badan secara bertahap dan sehat, serta kita tidak merasa terbebani dalam menjalani diet peningkatan berat badan karena pemilihan camilan yang tepat saat diet.

diet-noom-doktersehat
photo credit : pexels.com

Mengapa memilih camilan yang tepat menjadi penting?

Camilan yang tepat saat ingin meningkatkan berat badan adalah camilan yang bisa membuat massa tubuh meningkat, tanpa harus memengaruhi atau meningkatkan kadar gula, tekanan darah atau lemak tubuh.

Hal ini bisa diperoleh dengan memilih camilan yang kaya protein, namun rendah kandungan gula, garam dan lemak.

Hal ini menjadi tantangan untuk Anda yang ingin meningkatkan berat badan, karena peningkatan berat badan juga bisa semakin terdukung jika Anda memilih camilan dengan cara yang cermat.

Lantas, apa saja sih pilihan camilan sehat yang mampu meningkatkan berat badan?

cokelat-kacang-doktersehatNah, agar Anda tidak keliru saat memilih camilan yang dapat meningkatkan berat badan. Anda sebaiknya memilih beberapa camilan yang:

  • Mengandung protein cukup, baik protein dari nabati maupun hewani
  • Menghindari penambahan gula berlebihan dalam camilan atau minuman saat ngemil
  • Menghindari camilan yang diolah dengan banyak minyak, misalnya camilan dengan tepung yang digoreng

Beberapa tips di atas bisa Anda terapkan dengan memilih beberapa camilan yang padat protein, namun tetap rendah gula dan lemak.

Hal ini akan bisa dengan mudah Anda terapkan dengan memilih beberapa camilan sehat, yaitu:

1. Selai kacang

Jika Anda jarang mengonsumsi selai kacang sebagai pilihan camilan, maka kini usahakan untuk memilih selai kacang sebagai bahan makanan tambahan saat Anda mengonsumsi camilan, ya.

Selai kacang padat akan protein nabati, lemak baik dan kandungan kalori yang cukup, sehingga penting untuk mendukung peningkatan massa tubuh.

doktersehat-kacang-tanah

Jika biasanya Anda menambahkan cokelat manis atau meses, yang hanya tinggi gula di atas roti atau biskuit Anda, maka kini gantilah dengan menggunakan selai kacang saja agar peningkatan berat badan Anda bisa semakin optimal.

2. Camilan dari tahu

Selain kacang, tahu merupakan makanan olahan dari sumber makanan nabati yang super sehat. Kini, Anda bisa memperoleh olahan tahu dengan cukup mudah karena banyak dijajakan di pasaran.

Saat memilih camilan tahu, usahakan menghindari menu yang menggunakan banyak minyak. Misalnya tahu dibalut tepung yang digoreng.

doktersehat-tahu-putih-kukus-sehat-pencegah-kanker

Anda bisa memilih menu tahu panggang dengan isi sayuran atau tahu dengan metode satu kali goreng menggunakan minyak nabati yang sehat, bisa jadi pilihan yang tepat.

3. Olahan dari pisang

Bingung memilih buah apa yang bisa meningkatkan berat badan? Pilih saja pisang! Pisang memilih kandungan kalori dan vitamin yang cukup untuk meningkatkan berat badan.

Anda bisa mengolah pisang menjadi pisang bakar dengan topping kacang-kacangan, jus pisang dengan selai kacang, atau keripik pisang sebagai pilihan camilan super yang bisa meningkatkan berat badan.

4. Camilan dari kentang

Camilan dari kentang juga bisa Anda jadikan pilihan, meskipun kandungan proteinnya tidak tinggi, namun asupan kalori dari karbohidrat mampu memberikan manfaat peningkatan berat badan yang optimal.

doktersehat-kentang-rebusAnda bisa mengolah kentang sebagai kentang panggang, kentang tumbuk atau keripik kentang yang dipanggang. Agar manfaatnya optimal, usahakan mengonsumsi kentang bersamaan dengan kulitnya, ya.