4 Pertimbangan Penting Sebelum Memutuskan Memiliki Anak

doktersehat-couple-pasangan-masalah-klamidia

DokterSehat.Com– Memiliki anak merupakan keputusan penting dalam kehidupan rumah tangga. Sebelum memutuskan untuk menjalani program hamil, ada baiknya setiap pasangan memiliki pandangan yang sama mengenai kesiapan untuk memiliki anak.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum memiliki anak

Bagi pasangan yang baru menikah kadang diburu-buru dengan keinginan untuk segera memiliki anak. Padahal memiliki anak perlu persiapan khusus baik dari segi mental maupun finansial. Jika suami dan istri memiliki pendapat yang berbeda mengenai kehidupan setelah memiliki anak, dikhawatirkan kelahiran si kecil justru jadi pemicu depresi atau permasalahan lain dalam rumah tangga.

Dilansir dari laman Parents, berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memiliki anak:

1. Kapan waktu yang tepat untuk memiliki anak?
Kadang perbedaan pendapat tentang kapan waktu yang tepat untuk memiliki anak dapat memicu permasalahan pada pasangan suami istri. Bagi wanita umumnya ingin segera memiliki anak karena khawatir akan risiko kehamilan di atas usia 35 tahun. Sedangkan pada pria, umumnya masih ingin menikmati kebersamaan berdua bersama istri.

2. Lupa menikmati kehidupan berdua
Ketika dikejar target atau keinginan untuk segera memiliki anak, sering kali suami istri hanya memikirkan kapan waktu yang tepat untuk berhubungan seks. Namun menurut para ahli, hal ini sering kali membuat pasangan lupa untuk menikmati hidup. Sesekali melakukan liburan berdua baik untuk membangun keintiman dan dapat meningkatkan peluang untuk lebih cepat hamil.

3. Menyalahkan pasangan yang lain
Setelah beberapa bulan mencoba untuk hamil namun gagal, kadang suami atau istri menyalahkan pasangannya karena tidak kunjung hamil. Faktanya, baik pria maupun wanita sama-sama memiliki peluang untuk tidak subur.

4. Perbedaan cara mendidik anak
Anda mungkin menganggap untuk apa membicarakan cara mendidik anak sementara si kecil belum juga lahir? Membahas cara yang akan digunakan dalam mendidik anak memang sebaiknya dilakukan sebelum anak lahir. Hal ini menunjukkan kesiapan orang tua dalam menyediakan bekal pendidikan untuk anak di masa mendatang.

Selain itu, rencana jumlah anak, atau rencana sekolah anak juga penting untuk dibicarakan sebelum memiliki anak. Semakin baik persiapan untuk memiliki anak maka akan semakin baik juga dampaknya bagi perkembangan si kecil.