Terbit: 6 Mei 2018 | Diperbarui: 7 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anak-anak juga bisa merasa cemas lho Mom. tentunya anak-anak memiliki kekhawatiran yang berbeda dengan kekhawatiran yang dirasakan oleh orang tua. Saat anak merasakan cemas, sebaiknya dampingi atau bantu anak untuk menghadapi kecemasannya. Bagaimana caranya?

4 Penyebab Kecemasan Pada Anak

Penyebab anak cemas

Kecemasan yang dirasakan anak dapat terlihat dengan mudah dari sikapnya sehari-hari. Gejala yang bisa Anda amati di antaranya anak jadi pendiam dan tidak bersemangat. Kadang anak juga menjadi tidak ceria dan susah makan. Jika masalah yang dihadapi masih tergolong ringan, umumnya anak dapat menyelesaikannya sendiri. Namun jika tidak, Anda bisa membantu anak untuk menyelesaikan masalahnya.

Beberapa penyebab anak mengalami kecemasan di antaranya:

1. Anak memiliki masalah dengan temannya

Salah satu masalah yang paling sering dihadapi oleh anak usia sekolah adalah pertengkaran di antara anak-anak. Anak mungkin bingung bagaimana harus berdamai atau minta maaf dengan temannya. atau ia bingung bagaimana jika di sekolah harus bertemu dengan temannya tersebut.
Ajaklah anak bicara mengenai masalahnya di sekolah. Hal ini bisa membantu anak untuk lebih percaya diri menghadapi masalahnya. Beri pemahaman bahwa apa pun masalahnya, bertengkar dalam waktu lama adalah hal yang tidak baik. Ajari anak untuk saling memaafkan dan berdamai dengan temannya tersebut.

2. Anak mengalami bullying di sekolah

Kasus bullying adalah kasus yang marak terjadi di sekolah. Anak-anak yang dibully umumnya tidak berani untuk melapor atau bercerita pada orang lain, termasuk pada orang tuanya. Hal ini yang menyebabkan kasus bullying masih tetap marak di sekolah. Jika anak Anda menjadi korban bullying di sekolah, maka sebaiknya bicarakan juga pada pihak sekolah untuk ikut mengawasi terjadinya bullying di sekolah. Bullying dapat menyebabkan anak mengalami trauma dan pelakunya dapat tumbuh menjadi anak yang agresif.

3. Masalah prestasi di sekolah

Salah satu faktor yang dapat menyebabkan kecemasan anak adalah prestasinya di sekolah. Anak mungkin malu atau takut membicarakannya pada Anda. Nilai ulangan yang buruk atau tidak bisa menjawab pertanyaan di sekolah dapat menjadi penyebab anak merasa gagal di sekolah. Sebaiknya bicarakan mengenai hal ini pada anak dan pihak sekolah untuk membantu prestasinya di sekolah.

4. Anak perlu beradaptasi di lingkungan baru

Kadang kala naik kelas atau masuk ke sekolah baru dapat membuat anak canggung atau cemas. Anak mungkin merasa asing dengan lingkungan di sekitarnya dan merasa tidak punya teman. Jika ini yang dirasakan oleh anak, dukung anak untuk berkeliling mencari teman baru atau masukkan anak untuk ikut kegiatan ekstrakurikuler yang dapat membantu anak beradaptasi lebih mudah.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi