4 Penyakit yang Bisa Menular Melalui Oral Seks

doktersehat-pasangan-seks

DokterSehat.Com – Beberapa orang percaya kalau aktivitas seks secara oral jarang sekali menyebarkan penyakit. Asal alat kelamin dibersihkan dan tidak ada kotoran yang menempel, infeksi penyakit seksual bisa dihindari.

Anggapan yang dipercaya masyarakat ini sebenarnya cukup menyesatkan. Seks oral bagaimana pun caranya tetap memiliki risiko. Meski penis atau vagina sudah dicuci bersih, peluang virus berpindah tetap saja ada.

Anda masih tetap berisiko terkena beberapa penyakit seksual di bawah ini.

1. Gonore

Gonore adalah penyakit menular seksual yang cukup berbahaya kalau tidak segera mendapatkan perawatan. Kalau pria atau wanita segera melakukan pengobatan setelah mendapatkan kondisi ini, gonore bisa segera disembuhkan.

Salah satu tanda dari gonore yang umum terjadi adalah keluarnya cairan pada penis atau vagina. Cairan ini berbau tidak sedap dan mirip sekali dengan nanah. Saat kencing, pria dan wanita akan merasakan sakit pada alat vital atau perut. Terakhir, wanita bisa mengalami perdarahan.

2. Herpes genitalis

Herpes jenis ini menempel pada alat kelamin dan menyebar ke area sekitarnya. Herpes akan menyebabkan kulit menjadi merah dan rasa panas sedikit terbakar membuat tubuh jadi tidak nyaman.

Herpes jenis ini bisa menular melalui oral seks. Virus yang masuk bisa langsung hidup dalam tubuh dan tidak bisa disembuhkan. Dalam satu tahun, herpes bisa kambuh hingga 4-5 kali.

3. Sifilis

Sifilis bisa menyebar ke dalam tubuh melalui berbagai aktivitas seksual termasuk oral. Bakteri dari sifilis bisa masuk ke dalam tubuh dan melakukan infeksi yang cukup parah. Sifilis yang tidak segera mendapatkan perawatan bisa menyebar ke banyak organ termasuk jantung dan otak.

4. HIV

HIV bisa menular melalui hubungan seks baik vaginal atau anal. Untuk seks jenis oral peluangnya cukup kecil meski HIV tetap bisa menular. Penularan HIV via oral bisa terjadi kalau ada luka pada mulut atau ada perdarahan yang menjadi jalur virus untuk masuk.

Yuk, lebih menjaga kesehatan dengan melakukan oral seks yang lebih sehat.