4 Pengaruh Buruk Minuman Beralkohol Terhadap Kulit Anda

doktersehat-penyakit-hati-alkoholik-jantung

DokterSehat.Com– Minuman beralkohol tidak hanya akan mempengaruhi kesehatan, namun juga penampilan kulit. Ketika mengonsumsinya secara berlebihan, tentu saja hal ini dapat berakibat buruk pada kesehatan dan penampilan Anda. Seperti yang dilansir dari Livestrong, berikut ini beberapa pengaruh buruk minuman beralkohol terhadap kulit Anda.

1. Kemerahan

Alkohol dapat menimbulkan rusaknya kapiler pada wajah. Itulah mengapa Anda akan mendapati bercak-bercak kemerahan pada seorang peminum berat. Bahkan terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol akan membuat wajah jadi mudah memerah. Bahkan noda kemerahan ini dapat bertahan hingga keesokan harinya yang menandakan Anda sudah minum terlalu banyak dan mengalami hangover berat.

2. Kulit Kering

Terlalu banyak mengonsumsi alkohol juga akan membuat pembuluh darah di wajah menjadi terhambat dan berhenti mengedarkan darah yang mengadung oksigen pada kulit. Akibatnya, kulit akan mengalami dehidrasi dan menjadi lebih kering sehingga rentan akan kerutan dan garis-garis halus.

doktersehat-wajah-pusing

3. Bengkak

Minuman beralkohol juga bisa membuat berat badan Anda naik dan tubuh akan jadi terlalu banyam menyimpan air. Akibatnya, kulit Anda jadi terlihat bengkak dan tidak lagi terlihat segar atau sehat.

4. Jerawat

Masalah lain yang rentan muncul akibat mengonsumsi alkohol secara berlebihan adalah jerawat. Hal ini terjadi karena konsumsi alkohol berlebihan dapat memicu pelepasan hormon yang berlebihan pula. Akibatnya, hormon tersebut mengaktifkan kelenjar minyak yang dapat membuat wajah semakin berminyak yang menjadikannya rentan jerawat.

Jika Anda khawatir dengan kesehatan tubuh serta tampilan kulit Anda, pastikan untuk menghindari minuman beralkohol. Dengan demikian, Anda dapat mengurangi risiko buruk yang dapat terjadi akibat pengaruh minuman tersebut. Selanjutnya, mulailah gaya hidup yang lebih sehat dan lakukan perawatan untuk menjaga kesehatan dan kondisi tubuh serta kulit Anda.