Terbit: 6 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tabir surya atau sunscreen diciptakan memang untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Komponen-komponen di dalamnya, diformulasikan khusus untuk meminimalisasi paparan sinar UV yang bisa membahayakan kesehatan kulit. Namun, tidak ada salahnya untuk kita cari tahu lebih jauh perihal tabir surya ini agar penggunaannya juga tepat dan efektif. Meski begitu, ada beberapa mitos mengenai tabir surya yang sering berkembang dalam masyarakat. Berikut ini beberapa diantaranya seperti yang dilansir dari Discover Good Nutrition.

4 Mitos Soal Tabir Surya yang Perlu Anda Ketahui

Photo Credit: pexels.com

1. Kulit Gelap Tidak Perlu Tabir Surya

Hal yang perlu diingat adalah tabir surya bukan berfungsi sebagai pelindung kulit dari perubahan warna kulit sebab sinar matahari. Tabir surya melindungi kulit dari bahaya yang berasal dari sinar matahari. Sehingga, mitos yang menyebutkan bahwa kulit gelap tidak membutuhkan tabir surya adalah salah. Kulit dengan warna apa pun membutuhkan tabir surya sebagai pelindung.

2. Tidak Pperlu Tabir Surya Bila Sudah Memakai Make Up

Faktanya, kandungan SPF dalam beberapa make up, tidak cukup untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Anda harus tetap menggunakan sunscreen untuk melindunginya. Mulai sekarang tambahkan sunscreen sebagai bagian dari rangkaian perawatan wajah.

3. Tabir Surya Hanya untuk Bagian Tubuh Tertentu

Tabir surya tidak hanya perlu digunakan untuk bagian tubuh tertentu, seperti wajah. Faktanya, tabir surya wajib digunakan pada setiap bagian tubuh yang terbuka atau tidak tertutupi. Seperti kaki, tangan, lengan, dan bagian tubuh yang terbuka lainnya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

4. Tabir Surya Lebih Efektif untuk Anak-anak

Mitos tabir surya lainnya yang berkembang di masyarakat adalah tabir surya hanya bagus digunakan untuk anak-anak. Perlu diketahui, kandungan tabir surya pada dewasa dan anak-anak sudah diformulasikan dengan tepat, sehingga manfaatnya pun sama. Misalnya, sunscreen pada anak-anak umumnya mengandung zat yang selain bersifat melindungi kulit, juga bersifat melembutkan, tidak menyebabkan perih pada mata, dan wangi.

Nah, itulah tadi beberapa mitos yang salah mengenai tabir surya. Karena sekarang Anda sudah mengetahui apa yang benar tentang pemakaian tabir surya, jangan pernah melewatkannya lagi, ya!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi