Terbit: 16 April 2018 | Diperbarui: 18 Oktober 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anda sedang melakukan diet penurunan berat badan? Jika Anda biasanya hanya fokus pada makanan dan olahraga saja. Maka kini tambahkan minuman dalam diet Anda karena ternyata ada cukup banyak jenis minuman yang mampu menurunkan berat badan, lho.

4 Minuman yang Bisa Menurunkan Berat Badan

Umumnya minuman yang mampu menurunkan berat badan adalah yang berfungsi meningkatkan metabolisme tubuh. Asupan minuman tersebut mampu mendukung tubuh lebih aktif dan bertenaga, sehingga metabolisme tubuh lebih meningkat. Hal ini sedikit banyak akan mampu membantu menurunkan berat badan.

William Blahd, pakar kesehatan dari WebMD menyebutkan beberapa jenis minuman yang mampu mendukung peningkatan metabolisme tubuh, adalah:

1. Air putih

Kita tentu sering mendengar bahwa asupan air putih yang cukup mampu mendukung penurunan berat badan ya. Asupan air putih yang cukup akan membuat tubuh terhidrasi dengan baik, hal ini akan mendukung proses metabolisme tubuh optimal dan mampu membakar lebih banyak kalori, utamanya saat sedang berolahraga.

2. Minuman berenergi

Setelah mengonsumsi minuman berenergi, maka tubuh akan lebih bertenaga. Hal ini disebabkan adanya kandungan berbagai zat gizi yang diformulasikan untuk meningkatkan metabolisme tubuh, seperti taurin. Selain itu taurin disebut mampu membantu membakar lemak tubuh lebih banyak. Namun perlu diingat ya, konsumsi minuman berenergi tidak boleh berlebihan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

3. Kopi hitam

Anda penggemar kopi? Kopi, utamanya kopi hitam, bukan kopi hijau, jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, akan meningkatkan rerata metabolik tubuh. Hal ini baik untuk mendukung mengurangi rasa lelah dan tubuh menjadi lebih bertenaga saat beraktivitas.

4. Teh hijau atau teh oolong

Setelah berolahraga atau melakukan aktivitas yang berat, konsumsi teh hijau atau oolong disebut mampu mengembalikan metabolisme tubuh lebih baik. Selain itu penelitian menyebutkan bahwa konsumsi 2-4 porsi teh mampu mendukung pembakaran kalori 17% lebih banyak, utamanya saat melakukan aktivitas atau olahraga ringan. Namun tentu, tanpa tambahan gula ya.

Nah, empat minuman di atas tentu cukup mudah kita peroleh ya? Kira-kira, dari empat makanan di atas mana yang menjadi favorit Anda?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi