Terbit: 7 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bulu yang tumbuh di berbagai area tubuh kadang memang cukup mengganggu. Pasalnya, selain membuat penampilan wanita jadi tidak cantik, bulu kadang juga memicu berbagai masalah, seperti sarang jamur dan menimbulkan bau kurang sedang di area tertentu. Meski demikian, menghilangkan bulu kadang juga bisa menimbulkan masalah. Cara yang tidak tepat akan membuat kulit iritasi bahkan luka-luka.

4 Metode Menghilangkan Bulu, Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Hingga saat ini, ada beberapa cara untuk mengusir bulu baik yang lebat maupun tipis dari tubuh Anda. Meski demikian, setiap cara pasti mengandung kelebihan dan kekurangan. Penasaran apa saja caranya?

1. Menggunakan Pisau Cukur

Penggunaan pisau cukur sekali pakai maupun adalah hal paling umum yang dilakukan banyak orang. Selain praktis dan tanpa hampir tanpa rasa sakit, hasil yang ditunjukkan pun instan sehingga tak akan membuang banyak waktu. Namun saat mencukur, sebaiknya Anda menggunakan cream untuk meminimalisir luka akibat goresan pisau cukur. Sayangnya, metode ini tak membersihkan hasil yang tahan lama.

2. Waxing

Untuk menggunakan teknik waxing, Anda harus memiliki bulu yang cukup panjang. Setelah kulit dieksfoliasi, tambahkan wax ke permukaan kulit. Setelah mengering, gunakan strip untuk mencabut setiap area. Lakukan dengan cepat. Cara ini cukup efektif memberikan hasil yang tahan lama, namun menimbulkan sakit dan potensi iritasi.

3. Cream

Saat ini, dunia kosmetik sudah banyak mengembangkan metode cukur bulu yang praktis dan aman. Sudah ada cream perontok bulu yang dapat digunakan dengan mudah. Bagian yang akan dicukur dioleskan cream, dan ditunggu beberapa saat. Setelah 1-2 menit, hilangkan cream dengan spatula yang telah disediakan dalam setiap kemasan dan bulu pun hilang. Cara ini sangat mudah dan tanpa iritasi, namun bulu akan kembali lebih cepat dan tebal.

4. Laser

Jika Anda tak puas dengan segala metode yang ada, maka cara yang efektif dan lebih permanen adalah dengan menggunakan laser. Untuk ini, Anda harus pergi ke dokter. Hasilnya memang ampuh setelah beberapa kali terapi, namun biayanya tidak sedikit.

Pada dasarnya, bulu di tubuh juga memiliki beberapa manfaat. Anda mungkin tak terlalu suka dengan keberadaan mereka. Namun tak ada salahnya membiarkan bulu di bagian tertentu tumbuh scara terakontrol.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi