Terbit: 7 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bingung mau makan malam apa? Jika belum menentukan atau menyiapkan makan malam, maka beberapa pilihan makanan dibawah bisa jadi menu yang sehat.

4 Menu Makan Malam Sehat

Makan malam umumnya menyediakan menu yang tinggi kandungan protein. Hal ini bertujuan untuk menggantikan energi yang telah hilang selama beraktivitas seharian, serta memberikan asupan energi yang cukup untuk tubuh menjelang beristirahat.

Jika sepulang dari beraktivitas kita belum menentukan makanan apa yang tepat dikonsumsi untuk malam hari, tips makan malam sehat dari dietitian Kathleen Zelman bisa menjadi pilihan, diantaranya adalah:

1. Salad daging ayam dengan sayuran

Tingkatkan jumlah porsi daging ayam pada salad, lengkapi kebutuhan protein dengan menambahkan keju atau greek yoghurt yang bermanfaat untuk tubuh. Jangan lupa sayuran juga tetap penting, pilih sayur berdaun hijau misalnya selada atau timun dan tidak ketinggalan pula tomat.Konsumsi menu makanan ini akan mencukupi kebutuhan protein, vitamin dan mineral tubuh.

2. Ayam panggang

Tentu nikmat ya mengonsumsi ayam panggang untuk makan malam. Lengkapi kebutuhan gizi dengan menambahkan kentang dan sayuran pendamping dalam jumlah yang cukup. Asupan protein tubuh tentu dapat terpenuhi dengan baik tanpa adanya lemak berlebih karena metode masak yang digunakan adalah panggang.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

3. Ikan bakar

Ikan menjadi sumber protein yang rendah lemak jenuh sehingga konsumsi ikan untuk menu makan malam tentu sangat tepat untuk menutup hari dengan makan malam yang lezat dan sehat. Jangan lupa untuk selalu menambahkan sayur ya, mixed vegetable, timun atau asparagus bisa menjadi pilihan yang baik.

4. Olahan mi, spageti atau pasta

Spageti saat makan malam tentu jadi pilihan banyak orang. Lengkapi dengan daging berprotein tinggi, misalnya daging bagian dalam yang rendah lemak agar kebutuhan protein tetap terpenuhi. Sama seperti pilihan menu lainnya, selalu tambahkan sayur ya. Buncis, wortel atau kacang polong bisa menjadi teman spageti yang tepat.

Nah, itu dia empat menu pilihan makanan malam yang sehat, kira-kira menu nomor berapa yang akan Anda buat untuk makan malam?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi