Terbit: 3 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Jika Anda ingin melakukan perawatan kulit yang mudah tapi membuahkan hasil maksimal, maka almond adalah jawabannya. Tak hanya memiliki rasa yang enak, almond juga mengandung nutrisi yang tinggi. Sehingga jika dikonsumsi sehari-hari bisa mencegah berbagai penyakit. Menggunakannya pada kulit pun ternyat ajuga membawa banyak manfaat. Nah, untuk mengolah almond dengan tepat, salah satu caranya adalah dengan membuatnya menjadi masker. Ada 4 kombinasi yang bisa Anda coba, semua kombinasi ini dilansir dari Step to Health. Sudah siap untuk mencoba?

4 Masker Gampang Berbahan Dasar Almond

1.Almond dan Madu

Anda akan membutuhkan 1 sdt minyak almond, 1 sdt perasan lemon, 2 sdt susu bubuk dan 2 sdt madu. Campur semua bahan dan biarkan selama 25 menit. Bilas dengan air dingin.

Campuran madu dan juga almond ini dipercaya bisa membasmi masalah pada kulit sehingga kulit jadi lebih bersih. Apalagi madu juga memiliki kandungan antibakterial yang bagus untuk mencegah jerawat. Masker ini cocok untuk Anda yang memiliki kulit berminyak.

2.Almond dan Susu

Untuk masker yang satu ini Anda Cuma harus mempersiapkan 4 buah almond dan 1 sendok makan susu cair. Rendam almond dengan air semalaman, keesokan harinya lembutkan almond yang sudah dikeringkan hingga menjadi bubuk halus. Campur dengan susu hingga tekstur menyerupai krim. Aplikasikan pada wajah dan leher dan biarkan semalaman. Esoknya, bilas dengan air hangat.

Melakukan rutinitas ini setiap hari selama 2 minggu akan membuat kulit jadi lebih bersih. Ini disebabkan karena kalsium pad susu merangsang melanosit, sel yang bertanggung jawab memproduksi melanin atau pigmen pada kulit. Masker ini cocok loh untuk Anda yang memiliki kulit kering.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

3. Almond dan Telur

Masker ini membutuhkan 1 buah kuning telur, 2 sdm almond bubuk, 1 sdm madu dan 1 sdm air panas. Campur pada wadah hingga menjadi pasta. Oleskan agak tebal pada wajah lalu diamkan selama 30 menit. Untuk melepaskan disarankan sambil melakukan pijat pada wajah.

Telur mengandung protein tinggi yang jika dicampur dengan almond maka akan memberikan keuntungan seperti melembabkan kulit, melawan kulit kering, mengencangkan kulit dan mencegah keriput hingga tepat untuk mengurangi rasa berminyak dan mengkilap karena minyak untuk mereka yang berkulit berminyak.

4. Almond dan Yogurt

Anda akan membutuhkan 5 sdm almond yang sudah dihancurkan kasar dan 2 sdm yogurt plain. Haluskan almond lalu campurkan ke yogurt hingga menjadi pasta. Oles pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Masker ini bisa dipakai setiap hari selama dua minggu untuk hasil yang maksimal. Setelahnya, cukup lakukan satu atau dua kali dalam seminggu.

Yogurt kaya akan nutrisi dan bagus untuk sistem imun. Namun jika digunakan pada wajah, yogurt akan membantu melawan jerawat, memperlembut kulit, menyembuhkan kulit yang terbakar sinar matahari hingga membersihkan kulit secara alami.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi