Terbit: 30 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Tidak bisa dimungkiri lagi kalau seiring dengan berjalannya usia, organ tubuh juga ikut menua. Penuaan tidak hanya terlihat pada wajah, tapi juga pada organ lain termasuk penis. Penuaan pada penis bisa terjadi secara berkala dan menyebabkan penurunan kemampuan seksual dan reproduksi pada pria.

4 Masalah Penuaan Penis dan Cara Mencegahnya

Nah, meski penuaan sudah pasti terjadi, tidak ada salahnya kan berusaha untuk menghambat prosesnya. Dengan melakukan penghambatan ini pria bisa mendapatkan penis yang selalu dalam kondisi prima dalam jangka waktu yang cukup lama.

1. Pengerutan penis

Secara medis memang pengerutan penis tidak benar-benar terjadi. Namun secara visual penis memang berkurang beberapa centimeter. Nah, untuk mengatasi kondisi ini pria disarankan untuk banyak olahraga untuk menurunkan berat badannya. Pria yang sudah tua biasanya memiliki timbunan lemak yang cukup banyak khususnya di area bawah perut.

Selain berolahraga, pengaturan pola makan juga cukup berpengaruh. Saat kondisi tubuh fit dan cenderung ideal, penis akan terlihat tetap panjang.

2. Penurunan level testosteron

Area penis khususnya skrotum menghasilkan testosteron dalam jumlah yang cukup banyak. Kalau kadar hormonnya drop, pria akan mengalami banyak masalah seperti kesuburan menurun hingga pengeroposan tulang. Hormon ini bisa dinaikkan dengan makanan tertentu atau terapi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

3. Kehilangan sensitivitas

Sensitivitas penis khusus di bagian kepala akan menurun cukup drastis. Hal ini bisa dirawat dengan beberapa produk perawatan atau menggunakan badan alami yang merawat kelembutan kulit.

4. Masalah aliran darah

Aliran darah tetap menjadi masalah yang mengancam pria karena penis bisa saja mengalami penurunan kekuatan ereksi. Aliran darah pada penis akan menurun seiring dengan berjalannya waktu. Untuk mengatasinya pria bisa menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Semoga kita bisa menjaga penis agar tidak mudah menua dan fungsinya jadi turun.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi