11 Manfaat Tidur Tanpa Busana yang Wajib Anda Tahu

Doktersehat-tidur-tanpa-busana

DokterSehat.Com – Meski dianggap kebiasaan sepele, fakta membuktikan bahwa tidur tanpa busana menyimpan manfaat baik bagi tubuh, khususnya untuk para wanita. Sebab, selain bermanfaat untuk organ intim, pasalnya tidur tanpa busana juga memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh.

Berikut sebelas manfaat tidur tanpa busana yang wajib Anda ketahui, di antaranya:

  • Menghilangkan bau tak sedap

Salah satu faktor yang memengaruhi bau tak sedap pada area selangkangan dan organ intim adalah kurangnya sirkulasi udara pada area tersebut. Sebab, saat Anda mengenakan pakaian, terlebih terlalu ketat akan menimbulkan keringat sehingga bakteri bisa sangat nyaman berdiam diri pada area keintiman. Oleh karenanya, tidur tanpa busana dikatakan sebagai cara mudah menghindari aroma tak sedap pada bagian intim wanita.

baca juga: Awas, Inilah 4 Posisi Tidur yang Berbahaya Bagi Kesehatan

  • Melancarkan sirkulasi darah

Jika tubuh Anda dalam keadaan lembap saat tidur, maka sirkulasi darah tidak akan berjalan lancar. Begitu pula sebaliknya, saat Anda memberi ruang pada tubuh dengan tidur tanpa busana, maka sirkulasi akan benar-benar baik sehingga darah bisa tersuplai secara baik ke seluruh organ tubuh.

  • Menghilangkan ruam

Hal ini kerap menjadi masalah bagi sebagian orang. Ruam dan bintik-bintik merah pada tubuh memang sangat menganggu. Selain memberikan efek gatal, ruam tersebut bisa memberikan rasa perih dan tentunya membuat Anda tidak nyaman. Nah, untuk menghindari hal ini disarankan bagi Anda untuk tidur tanpa busana.

  • Menghindari iritasi

Manfaat tidur tanpa busana lainnya adalah bisa mencegah iritasi di beberapa bagian tubuh. Sering kali orang yang mengenakan pakaian ketat saat tidur. Tidur dengan mengenakan pakaian ketat akan membatasi gerak Anda. Sebab, orang tidur tidak pernah sadar akan gerak tubuhnya sendiri.

Pakaian ketat inilah yang berisiko membuat kulit Anda mengalami iritasi. Oleh karenanya tidur tanpa busana adalah cara untuk tidak membatasi gerak tidur Anda.

  • Membuat Anda lebih bahagia

Tidur tanpa busana dapat membuat perasaan Anda lebih bebas. Bagi wanita, manfaat tidur tanpa bra yang ketat dapat membuatnya tersenyum lebar dan hal itu membuat wanita merasa lebih bebas. Perasaan bebas semacam inilah yang dapat membantu Anda menjadi lebih bahagia

  • Memperbaiki kualitas tidur

Semua gangguan terkait pakaian kusut saat tidur atau hal-hal lainnya adalah sesuatu yang tidak dipikirkan apabila Anda tidur tanpa busana. Semua gangguan itu akan hilang jika Anda tidur telanjang.

  • Menjaga kesehatan kulit

Manfaat tidur tanpa busana yang utama adalah membuat tubuh Anda leluasa untuk ‘bernapas’. Organ intim, ketiak dan kaki adalah bagian tubuh yang umumnya ditutupi sepanjang hari, bahkan sering kali ditutupi oleh beberapa lapisan.

Oleh karenanya, tidur tanpa busana adalah upaya untuk memberikan bagian-bagian tubuh tersebut untuk ‘bernapas’. Dampak positifnya, risiko penyakit kulit dapat Anda hindari.

  • Menjaga kadar kortisol dalam tubuh

Hormon kortisol atau dikenal juga sebagai hormon stres adalah hormon yang akan diproduksi lebih banyak saat tubuh mengalami stres, baik fisik maupun emosional. Karena tidur tanpa busana membantu menjaga suhu tubuh agar optimal, hal itu otomatis membuat kortisol dalam tubuh terjaga.

Saat Anda tidur terlalu panas, maka kadar kortisol Anda cenderung tetap tinggi bahkan setelah Anda bangun. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan kecemasan, keinginan untuk makanan berlebih, dan hal-hal buruk lainnya.

  • Menyeimbangkan melatonin dan hormon pertumbuhan

Menjaga suhu tubuh di bawah 21 derajat Celcius dapat membantu tubuh mengatur tingkat hormon melatonin dan pertumbuhannya. Zat kimia ini membantu tubuh melakukan hal-hal seperti mencegah penuaan dan sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Ketika Anda tidur menggunakan pakaian, tubuh Anda memanas dan mencegah penggunaan hormon-hormon ini secara efektif. Dengan kata lain, tidur dengan pakaian membuat Anda lebih cepat tua.

baca juga: Alasan Mengapa Wanita Lebih Baik Tidur Telanjang

  • Baik bagi organ intim pria dan wanita

Agar sperma tetap sehat dan sistem reproduksi berfungsi dengan baik, maka Anda harus memungkinkan testis tetap pada suhu yang dingin.

Bagi wanita, kondisi tidur yang lebih sejuk juga dapat membantu mencegah infeksi ragi vagina. Ragi tumbuh lebih baik dalam kondisi hangat dan lembap. Saat udara dingin dan kering maka pertumbuhan ragi dapat dicegah.

  • Meningkatkan kualitas hubungan dengan pasangan

Jika Anda sudah menikah, tidur tanpa busana memberi kesempatan lebih besar untuk kontak kulit dengan pasangan. Kontak semacam ini bisa mengarah pada kehidupan seks yang lebih aktif. Tidur tanpa busana bersama pasangan membuat tubuh melepaskan oksitosin dalam jumlah banyak—di mana hormon ini memengaruhi tingkah laku dan respons emosi yang juga terlihat dalam membangun ketenangan, kepercayaan, dan kondisi psikologi.