10 Manfaat Onani untuk Kesehatan Seksualitas Pria

manfaat-onani-doktersehat

DokterSehat.Com – Selama ini onani atau masturbasi yang dilakukan oleh pria selalu diidentikkan dengan aktivitas yang tidak sehat. Ternyata, manfaat onani ternyata baik untuk seksualitas pria hingga mencegah penyakit berbahaya. Namun, masturbasi yang berlebihan akan membuat pria alami gangguan seksual. Bila onani dilakukan dengan menondon video pornografi, pria jadi ketagihan dan mengganggu aktivitas harian sehingga menyebabkan pria menjadi mudah lemas.

Terlepas dari segala efek samping yang berbahaya, manfaat onani memberikan dampak baik pada pria. Aktivitas ini bisa memperbaiki kehidupan seksual jika dilakukan dengan benar dan tidak berlebihan.

Manfaat Onani yang Menyehatkan bagi Kaum Pria

Masturbasi atau onani adalah bagian dari kehidupan seks yang sehat. Penelitian mengungkapkan bahwa banyak manfaat masturbasi untuk kesehatan pria. Selengkapnya, berikut ini manfaat onani pada kesehatan seksual pria, di antaranya:

1. Mengenali alat kelaminnya dengan baik

Pria cenderung tidak acuh dengan kondisi penisnya. Mereka selalu menganggap jika sudah dibersihkan saat kencing, penis akan sehat. Padahal gangguan pada penis bisa muncul dari mana saja.

Manfaat onani membuat pria mengtahui kondisi aktual dari alat vitalnya. Secara tidak sengaja pria akan memerhatikan penis saat melakukan onani, mereka akan tahu jika ada jamur, kutil, atau gangguan lain yang harus segera diatasi.

2. Bisa tahan lebih lama

Beberapa pria yang sering mengalami ejakulasi dini biasanya melakukan onani untuk mengatasi efeknya. Beberapa jam atau menit sebelum bercinta, mereka kerap melakukan onani sampai klimaks. Jadi, manfaat onani membuat penis bisa tahan lama meski ejakulasi yang dikeluarkan tidak lebih banyak dari yang pertama.

3. Mampu mengontrol diri

Manfaat onani pada pria ternyata dapat mengontrol diri. Mereka akan belajar bagaimana mempertahankan ereksi dan mengurangi tempo agar keluarnya tidak cepat. Ini harus dipelajari pria secara otodidak dengan onani.

4. Memperlebar definisi seks

Selama ini pasangan hanya menganggap seks adalah pertemuan dua alat kelamin. Manfaat onani ternyata bisa membuat pria dapat melebarkan definisi ini dengan menambahkan onani. Mereka bisa mengenalkan aktivitas ini dengan pasangan suami istri agar bisa melakukan mutual masturbation atau masturbasi bersama.

5. Mencegah kanker prostat

Untuk pria, manfaat masturbasi dapat membantu mencegah kanker prostat. Racun terbentuk secara alami di saluran urogenital. Pria yang mengalami ejakulasi lebih dari lima kali per minggu menurunkan kadar racun ini. Ini secara signifikan menurunkan risiko kanker prostat.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

Ketika pria mengalami ejakulasi saat masturbasi, sedikit kortisol dilepaskan, yang merupakan hormon stres. Jadi, manfaat onani juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kaum pria.

7. Mengatasi stres

manfaat onani atau masturbasi dapat melepaskan stres dan ketegangan dari tubuh dengan membanjiri sistem dengan endorfin. Endorfin memicu perasaan positif di tubuh dan dapat menyebabkan tidur nyenyak.

8. Mencegah disfungsi ereksi

Sepanjang usia pria secara alami mengalami kehilangan otot bahkan di penis. Cara mengatasinya, melakukan masturbasi atau seks teratur dapat melatih otot-otot dasar panggul dan mencegah disfungsi ereksi dan inkontinensia.

9. Bikin semangat

Manfaat onani dapat melepaskan zat kimia saraf yang baik seperti dopamine dan oksitosin yang membuat Anda tambah semangat, meningkatkan kepuasan, dan mengaktifkan kemampuan otak Anda.

10. Mempererat hubungan suami istri

Manfaat onani selanjutnya dapat meningkatkan hubungan dengan pasangan Anda karena dapat mengenal diri Anda secara fisik.

Masturbasi bersama (masturbasi dengan pasangan suami istri) adalah cara yang benar-benar aman untuk berhubungan seks dan membiarkan pasangan tahu apa yang terasa baik bagi Anda. Jika berbagi mainan seks, gunakan kondom dan bersihkan sebelum bertukar. Jika  menyentuh alat kelamin satu sama lain, cuci tangan sebelum menyentuh alat kelamin Anda.

Pertanyaan Seputar Onani

Beberapa pertayaan berikut ini mungkin sering ditanyakan pada dokter terkait onani atau masturbasi:

1. Apakah onani setiap hari bikin pria sehat?

Tidak ada jawaban yang benar menganai manfaat onani yang menyehatkan. Masturbasi setiap hari bisa normal bagi sebagian pria, sedangkan untuk yang lain bisa berlebihan. Selama masturbasi tidak memengaruhi tingkat energi secara keseluruhan, tidak mengganggu kehidupan, dan aktivitas sehari-hari Anda.

Padahal, beberapa ahli seks menganggap masturbasi setiap hari menjadi berlebihan. Masturbasi setiap hari dapat menyebabkan anda lemas, kelelahan, ejakulasi dini dan dapat menghambat aktivitas seksual dengan pasangan.

Di sisi lain, kehilangan orgasme biasa meningkatkan tingkat stres dan dapat menambah masalah kesehatan mental, frustrasi, dan ketidakbahagiaan secara umum. Manfaat onani membantu pelepasan stres dan membantu menstabilkan suasana hati, membuat Anda lebih bahagia dan lebih sehat.

2. Berapa kali onani dalam seminggu yang dianggap normal untuk pria?

Tidak ada jawaban yang tepat untuk pertanyaan ini karena frekuensi per minggu dapat bervariasi dari satu orang ke orang lain berdasarkan kondisi kesehatan umumnya. Ada pria yang melakukan masturbasi dua hingga tiga kali sehari, atau lima kali seminggu, atau bahkan seminggu sekali.

Dorongan seksual itu wajar, namun, kelebihan apa pun berbahaya. Jika melakukan onani secara belebihan hingga susah untuk dikendalikan, Anda dapat mengatasinya dengan mengalihkan energi Anda pada kegiatan yang lebh positif seperti olahraga atau hobi lainnya. Ini memastikan Anda menjalani kehidupan yang seimbang, sehat, dan bahagia.

3. Apakah onani menyebabkan ejakulasi dini?

Masturbasi yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada saraf yang memungkinkan onani menyebabkan ejakulasi. Ini dapat menyebabkan ejakulasi dini atau bahkan ejakulasi saat tidur.

4. Apakah onani memengaruhi jumlah sperma pria?

Masturbasi tidak memengaruhi jumlah sperma yang Anda hasilkan, karena sperma terus diproduksi di tubuh pria.

Memang butuh waktu, bagaimanapun, setelah satu ejakulasi untuk ejakulasi lagi. Ini cukup normal dan sama sekali bukan indikasi jumlah sperma Anda semakin berkurang.

5. Kapan masturbasi tidak aman untuk pria?

Masturbasi umumnya aman. Namun, jika dilakukan secara berlebihan dan agresif maka bisa berbahaya.

  • Ketika Anda menyentuh alat kelamin orang yang terinfeksi dan kemudian menyentuh milik Anda, Anda mungkin menderita Infeksi Menular Seksual (IMS). IMS juga dapat terjadi jika Anda berbagi mainan seks dengan orang yang terinfeksi.
  • Jika Anda melakukan onani dengan posisi menghadap ke bawah, Anda cenderung menekan lebih banyak pada penis, dan Anda dapat mencederainya. Untuk menghindari ini, Anda bisa melakukan masturbasi sambil berdiri, duduk, atau berbaring telentang.
  • Anda harus menghindari menekan penis saat melakukan ejakulasi, untuk mencegah keluarnya air mani. Selain itu, ini dapat merusak saraf dan pembuluh darah di penis, dan juga akan memaksa air mani ke dalam kandung kemih.

6. Bagaimana mengetahui bahwa Anda melakukan onani secara berlebihan?

Berikut ini cara mengetahui apakah Anda melakukan onani berlebihah atau tidak, ketika:

  • Onani menyebabkan Anda menderita dengan signifikan.
  • Anda melakukan onani beberapa kali setiap hari untuk melepaskan diri dari stres atau realitas kehidupan sehari-hari.
  • Anda secara teratur melukai diri sendiri dengan menggosok penis secara agresif.
  • Anda hampir tidak punya waktu untuk teman-teman atau keluarga  karena Anda terlalu sibuk memuaskan diri sendiri.
  • Anda terus-menerus merasa penuh nafsu dan melawan dorongan untuk memuaskan diri Anda sendiri.
  • Anda mengalami rasa sakit di alat kelamin.

7. Bagaimana cara mengobati onani berlebihan?

Anda segera perlu berkonsultasi dengan dokter umum, yang mungkin, pada gilirannya, merujuk Anda ke psikiater atau konselor. Berkonsultasi dengan psikiater atau konselor akan membantu Anda mengatur dan mengalihkan energi dengan cara yang lebih produktif dan secara bertahap melepaskan Anda dari masturbasi agresif.

Terkadang, obat juga dapat disarankan tergantung pada gejala dan kondisi kesehatan umum Anda.

Pria, itulah manfaat onani bagi kesehatan seksual dan pencegahan penyakit berbahaya. Ingat! Segala sesuatu yang berlebihan itu selalu tidak baik ya, Teman Sehat!