Terbit: 3 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Pernah tahu di produk kecantikan dengan harga yang cukup mahal ternyata salah satu kandungannya adalah minyak argan? Tak perlu heran, minyak argan memang memiliki banyak manfaat yang hebat. Selama berabad-abad, minyak ini dipercaya sudah digunakan untuk penyembuhan dan juga kecantikan. Bahkan hutannya di Maroko saja diklaim sebagai biosfer dilindungi sejak 1998. Memang apa sih istimewanya? Disebutkan argan kaya akan vitamin A, C dan E. Tak hanya itu, argan juga mengandung antioksidan, asam linoleic dan asam lemak omega-6.

4 Manfaat Minyak Argan untuk Rambut

Tak melulu untuk kulit, minyak argan nyatanya juga bagus untuk rambut. Dilansir dari NaturalLivingIdeas.com, ini dia manfaat dari minyak argan:

1. Mengurangi ketombe dan kulit kepala kering

Minyak ini dikenal sebagai pelembab yang hebat dan ternyata jika digunakan pada kulit kepala pun hasilnya juga luas biasa. Asam lemak pada minyak inilahyang membantu mengurangi peradangan kulit dan mencegah kekeringan. Anda cukup mengaplikasikan beberapa tetes minyak argan ke kulit kepala lalu pijat untuk beberapa saat. Bungkus dengan shower cap dan biarkan minyak bekerja selama beberapa jam (untuk hasil maksimal lakukan semalaman). Esoknya, bilas dan keramas seperti biasa. Rutinitas ini bisa dilakukan dua kali seminggu untuk hasil maksimal.

2. Melindungi rambut dari panas blow dryer dan pelurus rambut

Jika Anda sering menggunakan alat kecantikan rambut seperti blow dryer dan pelurus rambut, maka minyak argan akan datang sebagai penyelamat. Alat kecantikan rambut sering kali membuat rambut jadi rusak apalagi jika ditambah produk-produk berbahan kimia pendukungnya. Nah untuk mencegah rambut makin rusak, aplikasikan minyak argan pada rambut dan sisirkan hingga merata. Setelahnya Anda bisa menggunakan alat kecantikan rambut seperti pada umumnya.

3. Mengembalikan keindahan rambut setelah berenang

Siapa sih yang sebal kalau rambut jadi kaku setelah berenang, padahal sudah pakai sampo? Agar rambut tak makin rusak setelah berenang (entah di kolam atau pantai), bilas rambut dengan air terlebih dahulu. Peras airnya dengan handuk dan gosok-gosokkan minyak argan di telapak tangan lalu ratakan ke rambut. Sisir dari ujung ke ujung lalu biarkan rambut kering secara alami. Perawatan ini akan membuat rambut tak kaku dan mudah diatur.

4. Rambut rontok tak ada lagi

Jika rambut Anda mulai rontok berlebih, artinya Anda perlu melakukan perawatan minyak argan segera. Caranya pun tak jauh berbeda seperti sebelumnya, cukup beri beberapa tetes minyak pada jari lalu pijatkan di kulit kepala dengan gerakan memutar. Lakukan selama 15 menit agar minyak terserap dengan baik. Gerakan memutar akan membantu menstimulasi aliran darah ke kulit kepala dan juga folikel rambut. Lakukan 3 kali seminggu, niscaya rambut tak lagi rontok.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat minyak argan untuk rambut, tapi empat masalah di atas yang paling sering muncul. Apakah Anda ingin mencobanya?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi