Pro Kontra Terapi Ear Candle, Apakah Aman untuk Membersihkan Telinga?

doktersehat-lilin-ear-candle-telinga

DokterSehat.Com– Ear candle adalah praktik penggunaan lilin berongga dan panas untuk membersihkan telinga dari kelebihan racun dan kotoran telinga. Metode membersihkan telinga dengan cara ear candle telah menjadi bagian dari budaya tradisional selama ribuan tahun. Namun,  masih banyak perdebatan mengenai khasiatnya.

Apa Itu Ear Candle?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ear candle adalah sebuah merupakan sebuah metode membersihkan telinga yang memanfaatkan lilin  yang dipercaya dapat membersihkan telinga dari kotoran dan racun.

Praktik ear candle ini banyak digunakan di Asia, Eropa, dan Amerika Utara pada waktu yang berbeda dalam sejarah. Namun, metode ini masih diragukan oleh para profesional. Ada bukti anekdot yang kuat untuk mendukung efek positif dari terapi ini dan dianggap sebagai praktik budaya, meditasi, dan penyembuhan yang penting.

Dalam hal keamanan, mayoritas keberatan terhadap metode ini. Di antaranya, lilin berongga yang ditempatkan begitu dekat dengan wajah berpotensi potensi bahaya, bukan manfaat kesehatan.

Salah satu solusinya adalah menggeser lilin berongga itu dengan sebuah tisu atau pelat kertas untuk menangkap atau menangkis abu yang jatuh ke dalam rongga telinga.

Inti prosesnya adalah membiarkan asap menyalurkan tabung berongga, memanaskan kotoran telinga dan menciptakan ruang hampa untuk menghilangkan kelebihan bahan dan racun yang harus dibuang.

Namun, perlu diingat bahwa belum ada data ilmiah mendasar tentang ear candle. Tidak ada penelitian yang menyatakan bahwa ear candle memiliki khasiat.

Petunjuk Cara Melakukan Ear Candle

Jika Anda ingin mencoba ear candle di rumah, Anda bisa coba ikuti petunjuk berikut ini, seperti melansir Organic Facts:

  1. Berbaringlah miring.
  2. Masukkan ujung lilin berongga ke telinga Anda.
  3. Bubuhkan piringan kecil (misalnya, timah atau pelat kertas) ke bagian tengah lilin berongga.
  4. Jaga agar abu terjatuh ke piringan kecil, untuk menghindari masuk ke rongga telinga
  5. Keluarkan atau tiup lilin saat nyala api mencapai dua inci dari telinga Anda.
  6. Ulangi proses ini di telinga sebelah.
  7. Usap kedua telinga dengan minyak antiseptik atau minyak esensial ringan untuk melindungi dari kemungkinan infeksi atau pembengkakan.

Manfaat Ear Candle

Manfaat ear candle berdasarkan informasi yang beredar di antaranya  menghilangkan penumpukan kotoran telinga, menurunkan risiko infeksi telinga, dan memperbaiki pendengaran, antara lain:

Tinnitus

Bagi orang-orang yang menderita denging di telinga, ada yang berpendapat bahwa ear candle dapat menghentikan denging dengan membersihkan material yang berada di  dalam dan menyumbat telinga.

Masalah pendengaran

Orang yang mengalami masalah pendengaran, bahkan di usia muda karena terjadi penyumbatan di saluran telinga dapat ditangani oleh terapi ini.

Penumpukan kotoran telinga

Meski kotoran telinga bukan ancaman bagi kesehatan, tetapi penumpukan ini bisa menyakitkan dan menimbulkan rasa tidak nyaman jika tak dibersihkan. Selain itu, masalah ini tidak sedap dipandang dan  menjadi tempat berkembang biak bakteri serta patogen yang tidak diinginkan. Dengan terapi ear candle dimungkinkan kotoran telinga bisa diambil.

Infeksi telinga

Jika Anda menderita infeksi telinga dalam jangka waktu lama, ear candle dapat membantu memperlambat frekuensi infeksi  dan mencegah bakteri berkembang biak.

Efek Samping Ear Candle

Meski memiliki manfaat, ear candle berisiko efek samping, seperti luka bakar yang tidak disengaja dari lilin yang terbakar. Mungkin juga ada kerusakan yang terjadi pada gendang telinga. Dalam kasus yang paling ekstrem, bila terapi ini digunakan secara tidak tepat, bisa menyebabkan gangguan pendengaran.

Alternatif untuk ear candle

Bagi banyak orang, ear candle tidaklah nyaman. Ada beberapa cara lain untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang serupa, seperti melembutkan, melembabkan dan meningkatkan asupan omega-3.

Mandi air hangat bisa membantu melembutkan kotoran telinga, lalu  bisa dibersihkan dengan mudah. Mandi air hangat juga bisa membantu melonggarkan kotoran.

Ear candle juga dapat membantu melembabkan sisi luar telinga. Beberapa penelitian menemukan bahwa meningkatkan asupan asam lemak omega-3 dapat mengurangi penumpukan kotoran di telinga, sehingga membuat ear candle tidak relevan