11 Manfaat Lobak Merah untuk Kesehatan Anda

manfaat-lobak-merah-doktersehat

DokterSehat.Com – Lobak merah adalah jenis sayuran yang tergolong dalam keluarga Brassicaceae, yakni mencakup jenis kubis dan umbi. Sayuran ini merupakan salah satu sayuran khas Asia sehingga sangat mudah ditemukan, termasuk Indonesia. Akan tetapi, tahukah Anda manfaat lobak merah?

Manfaat Lobak Merah yang Harus Anda Tahu

Manfaat lobak merah yang banyak dipercaya masyarakat adalah kemampuannya meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal itu dikarenakan lobak merah memiliki berbagai kandungan baik seperti beta-karoten, vitamin B, vitamin C, alpha-karoten, folat, fosfor, magnesium, zat besi, dan kalsium. Sementara itu, dalam 100 gram lobak terdapat 0,1 gram lemak, 1,6 gram serat, 16 kalor dan 3,4 gram karbohidrat.

Berikut adalah beberapa manfaat lobak merah yang bisa didapatkan tubuh Anda, di antaranya:

1. Mencegah penuaan dini

Manfaat lobak merah yang satu ini sudah banyak dibuktikan oleh banyak orang, khususnya wanita yang rutin mengonsumsi lobak merah untuk menghindari penuaan dini dan menjaga kencangnya kulit. Hal tersebut dikarenakan lobak merah kaya akan beta-karoten yang berfungsi sebagai antioksidan sehingga membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas.

2. Menstabilkan tekanan darah

Manfaat lobak merah berikutnya adalah kemampuannya menstabilkan tekanan darah. Dari hasil studi yang diterbitkan di The journal of Nutrition Research and Practice, manfaat lobak merah dapat membantu orang-orang penderita hipertensi dalam menormalkan tekanan darahnya. Hal tersebut dikarenakan kandungan kalium yang dimiliki lobak merah cukup baik. Oleh karenanya, sampai saat ini lobak merah biasa digunakan sebagai penjaga kestabilan tekanan darah bagi penderita hipertensi.

3. Menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang dalam program diet, Anda bisa mengonsumi sayuran ini tanpa takut berat badan naik. Hal tersebut dikarenakan lobak merah memiliki kandungan vitamin C dan vitamin B6 serta serat yang bisa membuat Anda menjadi kenyang lebih lama. Dengan rasa kenyang tersebut, tentunya program diet Anda akan terbantu. Selain itu, manfaat lobak merah juga ampuh sebagai pelancar pencernaan Anda.

4. Mengurangi risiko kanker

Di dalam lobak merah, terdapat beberapa kandungan yang bisa mengurangi risiko kanker, seperti vitamin A dan beta-karoten. Sampai saat ini, manfaat lobak merah disebut-sebut sebagai bahan alami antikanker. Kandungan-kandungan lain yang dimiliki lobak merah bisa merangsang pertumbuhan sel sehat di dalam tubuh.

5. Mengatasi jerawat

Manfaat lobak merah yang satu ini jarang dimanfaatkan oleh mereka yang mempunyai jerawat. Padahal, lobak merah memiliki sifat antimikroba, antibakteri, dan vitamin C. Nah, kandungan tersebut efektif mengobati kulit seperti jerawat. Caranya, Anda bisa melembutkan lobak merah kemudian dioleskan pada area kulit yang bermasalah.

Selain itu, manfaat lobak merah lainnya juga bisa memudarkan bintik-bintik serta noda pada kulit. Caranya, cukup oleskan jus lobak pada bagian kulit yang berdampak selama beberapa menit. Penggunaan lobak merah setiap hari akan membuat hasilnya semakin baik.

6. Mengatasi peradangan

Lobah merah merupakan tanaman akar yang memiliki ciri khas rasa manis dan pedas. Selain dagingnya yang bermanfaat, akar lobak biasa digunakan masyarakat sebagai bahan obat-obatan untuk menangani peradangan pada mulut dan tenggorokan, gangguan pada perut dan usus, saluran empedu, infeksi, demam, batuk, bronkitis, dan kelebihan lendir pada saluran pernapasan. Sayangnya, manfaat lobak merah ini masih membutuhkan berbagai penelitian ilmiah untuk membuktikan kegunaan-kegunaan tersebut.

7. Menyehatkan kulit kepala

Manfaat lobak merah lainnya adalah membantu menjaga kesehatan kulit kepala. Hal ini karena kandungan airnya yang tinggi. Dengan kandungannya itu, lobak merah dipercaya bisa membantu menjaga kesehatan kulit kepala. Tidak hanya di permukaan, akan tapi di seluruh bagian rambut.

Selain itu, manfaat lobak merah lanjutannya adalah kemampuannya menghilangkan ketombe. Selain dimakan langsung bersama sajian salad, Anda juga mendapatkan manfaat lobak merah dengan menggosok jus lobak pada rambut dan kulit kepala. Diamkan selama satu jam kemudian bilas hingga bersih.

8. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan nitrat, serat, dan antioksidan pada lobak merah ternyata bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung karena mencegah pembentukan plak di pembuluh darah jantung. Selain itu, manfaat lobak merah ini juga merelaksasi dan melebar pembuluh darah agar aliran darah yang lancar dapat tercipta.

Sebuah penelitan mengungkapkan, jika Anda rutin mengonsumsi makanan yang tinggi serat dari sayuran seperti lobak, hal itu bisa mengurangi risiko penyakit stroke dan jantung

9. Mencegah perkembangan sel kanker

Manfaat lobak merah berikutnya adalah kemampuannya mengatasi kanker. Hal ini karena kandungan antosianin dan isothiocyanate mampu mencegah munculnya kanker. Sebuah penelitian mengungkapkan zat isothioocyanate pada lobak merah mampu mematikan sel kanker seperti, kanker paru-paru, kanker payudara dan kanker prostat.

10. Aman dikonsumsi oleh penderita diabetes

Lobak tergolong dalam sayuran yang memiliki indeks glikemik rendah sehingga sayuran ini aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.  Selain itu, lobak juga mengandung zat antosianin, yaitu sejenis antioksidan yang berguna untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas yang disebabkan oleh diabetes. Meski aman dikonsumsi, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan manfaat lobak merah.

11. Mengatasi jamur

Manfaat lobak merah yang terakhir adalah kemampuannya mematikan jamur Candida albicans, jamur penyebab munculnya infeksi jamur vagina, kandidiasis kulit dan sariawan.

Nah, itulah beberapa manfaat lobak merah yang bisa Anda dapatkan. Meski lobak merah memiliki banyak manfaat, wanita menyusui, ibu hamil dan penderita penyakit tiroid, disarankan untuk membatasi konsumsi lobak.

Hal penting lain yang harus diperhatikan adalah perhatikan jumlah asupan lobak, sebab mengonsumsi lobak dalam jumlah berlebihan berisiko menimbulkan iritasi di saluran pencernaan.