DokterSehat.Com– Donor darah adalah sebuah proses pemberian atau pendonasian darah secara sukarela untuk kepentingan orang lain yang membutuhkan melalui transfusi. Donor adalah merupakan perbuatan mulia dan mengandung nilai moral yang sangat tinggi. Sebab, darah yang telah didonorkan tersebut akan menyelamatkan nyawa seseorang.



Tapi tahukah Anda, selain terpuji dan memiliki nilai moral tinggi, aktivitas donor darah juga bisa mendatangkan berbagai manfaat untuk tubuh? Dilansir dari Boldsky, donor darah memang sebuah perbuatan yang akan mengakibatkan lemas dan membuat tubuh tak berenergi. Tapi di balik semua itu, ada 4 manfaat penting yang didapatkan tubuh jika sering melakukan donor darah.

Berikut 4 manfaatnya:

1. Meningkatkan Eritrosit

Dalam dunia medis, eritrosit adalah sebuah istilah yang digunakan dalam penyebutan sel darah merah. Donor darah diyakini bisa meningkatkan jumlah eritrosit atau produksi sel darah merah di dalam tubuh. Sebab, saat melakukan donor, maka sel darah merah akan berkurang, maka seketika itu pula sumsum tulang belakang akan segera memproduksi guna menggantikan sel darah yang hilang tadi. Dengan rutin melakukan donor, maka tubuh akan mendapatkan reproduksi eritrosit yang segar.

2. Menurunkan Berat Badan

Menurut situs kesehattan LiveStrong, ada sekitar 650 kalori yang akan dibakar saat menyumbangkan satu kantung darah. Jumlah kalori yang terbakar itu setara dengan Anda berolahraga 30 menit. Tentunya kabar ini adalah kabar gembira untuk Anda yang memiliki berat badan berlebih.

3. Baik untuk Jantung

Perlu diketahui, aliran dan volume darah merupakan faktor penting untuk menjaga detak jantung. Detak jantung sendiri dipengaruhi oleh aliran darah di dalam tubuh. Dikutip dari Blood Flow Online, menyumbangkan darah secara rutin dapat mengurangi kekentalan darah sehingga aliran darah akan mengalir lebih mudah pembuluh darah. Jika aliran darah semakin lancar, maka darah akan cepat mencapai jantung dan hal itu baik bagi kesehatan jantung sendiri.

4. Menurunkan Level Iron

Saat melakukan donor darah, tubuh seseorang akan otomatis menurunkan kadar iron (zat besi). Dengan turunnya zat besi tersebut, maka berbagai penyakit berbahaya seperti kanker atau penyakit jantung dapat diminimalisir. Seperti diketahui, kadar zat besi yang tinggi berpotensi untuk meningkatkan penyakit kardovaskular. Maka dari itu, donor darah secara rutin adalah cara paling ampuh untuk menurunkan kadar zat besi dalam tubuh.