Terbit: 11 April 2018 | Diperbarui: 18 Oktober 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Menurut Anda, apa makanan yang bisa menyebabkan tubuh menjadi tidak sehat? Makanan adalah salah satu kunci penting untuk mendukung hidup sehat. Dengan makanan yang tepat, maka tentu kesehatan tubuh akan terdukung. Sebaliknya konsumsi makanan tertentu yang berlebihan tentu akan mengganggu kesehatan tubuh.

4 Makanan yang Harus Dibatasi Agar Tubuh Sehat

Berbagai asosiasi kesehatan dunia menganjurkan penerapan pola makan sehat dengan prinsip yaitu makanan yang seimbang dan bervariasi. Selain itu ada pula pembatasan bahan makanan tertentu yang dianjurkan agar kesehatan tubuh semakin optimal.

Menurut US Dietary Guideline 2015-2020, ada empat bahan makanan yang asupannya harus dibatasi, yaitu:

1. Gula buatan

Konsumsi gula buatan, yang umumnya ada di bahan makanan kemasan, berlebihan tentu akan menyebabkan kadar gula darah tubuh meningkat. Untuk itu kita dianjurkan agar tidak mengonsumsinya berlebihan. Asupan gula buatan lebih dari 10% kebutuhan harian telah melebihi batasan maksimal konsumsi gula buatan. Hal ini setara dengan lebih dari 2-3 porsi minuman kemasan dalam sehari.

2. Makanan berlemak

Lemak utamanya lemak jenuh dan lemak trans harus dibatasi asupannya dalam satu hari. Hal ini berkaitan dengan kadar lemak dan kolesterol dalam tubuh. Untuk itu kita dianjurkan menghindari asupan lemak dari bahan makanan hewani, yang tinggi lemak jenuh, misalnya mentega. Utamakan konsumsi minyak dari minyak nabati misalnya minyak dari biji-bijian.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Sama dengan gula buatan, asupan lemak lebih dari 10% kebutuhan harian telah melebihi batasan maksimal. Angka tersebut sama dengan konsumsi makanan yang digoreng lebih dari 5 porsi dalam sehari.

3. Makanan tinggi natrium

Natrium tinggi pada garam, untuk itu asupan garam, baik garam meja atau garam yang ada makanan kemasan sebaiknya dibatasi. Dalam satu hari, orang dewasa, hanya dianjurkan mengonsumsi 2300 mg natrium yang setara dengan 1 sendok teh garam dapur. Umumnya makanan tinggi natrium misalnya keju atau jajan kemasan dengan banyak tambahan rasa memiliki kandungan natrium lebih dari 800 mg.

4. Alkohol

Sudah menjadi rahasia umum jika alkohol memberikan dampak buruk untuk kesehatan. Untuk itu berbagai asosiasi kesehatan dunia menganjurkan alkohol dibatasi maksimal 1 porsi dalam sehari.

Nah, itu dia empat jenis makanan yang harus kita batasi. Apakah Anda sudah membatasi keempatnya?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi