Terbit: 27 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Salah satu penyakit yang berhubungan dengan sistem pembuangan yang menyerang banyak orang adalah batu ginjal. Batu ginjal merupakan suatu kondisi dimana terdapat material keras menyerupai batu  di dalam ginjal. Material keras tersebut terkadang menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.

4 Makanan yang Dapat Memicu Penyakit Batu Ginjal

Photo Credit : pexels.com

Penyakit ini disebabkan karena adanya penumpukan mineral dan garam dalam ginjal. Penumpukan mineral dan garam tersebut terjadi akibat sering menahan pipis, serta kurangnya mengonsumsi air putih. Selain itu, batu ginjal juga disebabkan oleh makanan dan minuman yang biasa dikonsumsi setiap hari, seperti:

1. Makanan Asin

Makanan asin memang sangat nikmat, seperti keripik, gorengan, dan sebagainya. Namun, di balik kenikmatannya bisa mengundang beberapa penyakit yang sangat berbahaya, salah satunya adalah batu ginjal. Hal ini disebabkan karena peningkatan kadar sodium dalam urine dapat menghambat penyerapan kalsium dalam tubuh. Oleh sebab itu, kalsium yang tidak dapat diserap dengan baik tersebut akan menumpuk di dalam urine sehingga menyebabkan terbentuknya material keras seperti batu pada saluran kemih.

2. Daging

Daging memang baik untuk kesehatan karena mengandung protein yag sangat dibutuhan oleh tubuh, akan tetapi, mengonsumsi daging secara berlebih dapat menyebabkan batu ginjal.  Karena, daging ternyata dapat membuat urine Anda menjadi asam. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya batu ginjal jenis asam urat. Perlu diingat bahwa daging merupakan makanan yang baik untuk kesehatan, namun harus dalam jumlah yang wajar.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

3. Teh Hitam

Teh hitam merupakan minuman yang mengandung kalsium oksalat yang tinggi sehingga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara berlebihan. Seperti yang Anda ketahui bahwa batu ginjal terbentuk ketika urine mangandung kalsium, oksalat, dan asam urat yang kemudian dapat membentuk batu di dalam ginjal. Untuk itu, konsumsi teh hitam jika diperlukan saja.

4. Telur

Telur merupakan salah satu makanan yang hampir dikonsumsi setiap hari. Di samping rasanya yang enak dan mengandung banyak protein, telur dipilih karena cara mengolahnya sangat mudah. Akan tetapi, telur tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak karena dapat menyebabkan terjadinya batu ginjal. Hal ini dikarenakan protein yang terdapat di dalam telur akan dipecah menjadi urine dan hasil akhir dari proses metabolismenya adalah asam urat. Kadar asam urat yang tinggi dalam urine dapat membentuk batu asam urat di dalam ginjal.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi