DokterSehat.Com– Makanan apa yang sudah Anda konsumsi untuk kesehatan mata? Selain wortel, ternyata ada cukup banyak makanan yang memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan mata lo.

miopia (rabun jauh atau mata minus)-doktersehat

Beberapa pilihan makanan mampu memberikan manfaat tidak hanya untuk kesehatan mata, namun juga mampu mencegah terjadinya penyakit pada mata. Apa sajakah itu?

Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, empat makanan yang mampu menjaga kesehatan mata adalah:

1. Ubi manis

Apakah Anda sering mengolah ubi manis? Selain makanan yang umum diolah untuk berbagai camilan, ubi manis merupakan sumber beta karoten yang mampu mendukung fungsi vitamin A untuk kesehatan mata. Asupan vitamin A dan beta karoten yang tercukupi terbukti mampu mencegah mata kering dan gangguan penglihatan pada malam hari.

2. Teh hijau

Selain memberikan efek yang menenangkan dan rasa yang nikmat, teh hijau memiliki kandungan anti-oksidan katekin yang tinggi. Katekin disebut mampu menurunkan risiko pembentukan katarak dan gangguan fungsi sel dan jaringan mata dengan fungsi anti-inflamasinya.

3. Stroberi

Stroberi segar yang umum diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman, bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan anti-oksidan serta vitamin C pada stroberi mampu menurunkan risiko katarak.

4. Salmon

Mata kering bisa diatasi dengan mengonsumsi omega 3 yang cukup lo. Omega 3 pada ikan salmon segar mampu mencegah gangguan pada sel mata. Selain itu kandungan vitamin D pada ikan salmon mencegah terjadinya gangguan degenerasi pada mata.

Keempat makanan di atas tentu cukup mudah kita peroleh, utamakan memperoleh manfaat zat gizi dari makanan tersebut melalui bahan makanan segar.

Pemilihan makanan yang bervariasi tidak hanya baik untuk asupan zat gizi namun juga mampu menjaga berbagai organ tubuh, salah satunya adalah mata. Kira-kira dari empat makanan di atas, mana yang paling sering Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan mata?