4 Makanan yang Ampuh Cegah Inflamasi

doktersehat-mangga-baik-untuk-diabetes

DokterSehat.Com– Apakah Anda sering mengonsumsi mangga, buah ceri, kunyit atau jahe? Wah, berarti Anda sudah cukup sering mengonsumsi bahan makanan yang dapat mencegah inflamasi, makanan-makanan tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh lo.

Inflamasi atau peradangan umumnya terjadi pada beberapa organ tubuh, namun inflamasi yang berlebihan bisa berbahaya karena mengganggu sel, sistem dan organ tubuh. Hal ini tentu menyebabkan meningkatnya risiko berbagai penyakit misalnya penyakit jantung, peradangan sendi hingga alzheimer.

Untuk itu, konsumsi makanan yang tepat dapat mencegah terjadinya inflamasi, seperti yang telah disebutkan di awal, empat makanan yang ampuh mencegah inflamasi adalah:

 

    1. Mangga, penelitian menunjukkan bahwa mangga memiliki kandungan polifenol yang terbukti mampu mencegah terjadinya kanker dan berfungsi sebagai anti-inflamasi. Kandungan vitamin yang ada pada mangga juga tentu memberikan banyak manfaat untuk tubuh.
    2. Buah ceri, buah ceri yang sering ada di atas kue tar ternyata memiliki manfaat sebagai anti-inflamasi lo. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak buah ceri terbukti mampu memberikan efek reaktif pada tubuh yang mampu mencegah terjadinya inflamasi.
    3. Kunyit, terkenal sebagai bumbu yang kaya manfaat, kunyit sering diolah untuk berbagai masakan. Kunyit mampu melawan inflamasi pada tubuh hingga mampu mencegah terjadinya keparahan penyakit alzheimer dengan memengaruhi perkembangan sel saraf pada otak.
    4. Jahe, seperti yang kita ketahui jahe memiliki banyak manfaat, umumnya terkait dengan pencernaan dan mencegah mual muntah. Namun kini jahe mulai diteliti manfaatnya untuk mengurangi rasa sakit utamanya akibat inflamasi pada persendian.

Empat bahan makanan di atas mampu memberikan manfaat pencegahan inflamasi pada tubuh. Konsumsi dalam bentuk segar tidak hanya memberikan manfaat dari vitamin atau fitonutriennya saja namun juga akan mendatangkan manfaat yaitu sebagai anti-inflamasi.

Nah, dari keempat bahan makanan di atas, kira-kira mana yang sudah cukup sering Anda konsumsi?