Tak Disangka, 4 Kondisi Ini Ternyata Mengharuskan Banyak Minum Air Putih!

doktersehat transfusi darah
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com– Anda tentu sering mendengar bahwa cukup minum air putih adalah suatu hal yang harus rutin kita lakukan, ya?

Hal ini akan mendukung kebutuhan harian tubuh yang lebih lanjut dapat memberikan kesehatan optimal bagi kesehatan organ dan sistem tubuh.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa ada beberapa kondisi yang mengharuskan kita jadi harus lebih banyak minum air putih sebelum atau saat melakukannya?

Ya, ternyata ada lho beberapa kondisi yang mengaharuskan kita banyak minum air putih sebelum atau saat akan melakukan beberapa hal. Kondisi ini ternyata kerap tidak disadari banyak orang karena beranggapan kondisi tersebut adalah hal yang biasa.

doktersehat air putih
Photo credit: Pexels

Padahal, asupan air putih yang lebih banyak dari kebutuhan harian sangatlah dibutuhkan untuk mendukung kesehatan tubuh setelah melakukan beberapa hal tersebut.

Lantas, apa saja sih kondisi yang mengharuskan kita jadi banyak minum air putih?

Beberapa kondisi yang mengharuskan kita untuk banyak minum air putih adalah kondisi yang dapat dengan ekstrem memengaruhi status hidrasi tubuh.

Hal ini secara umum dapat disebabkan karena pengeluaran cairan tubuh, baik darah, cairan, keringat maupun cairan sisa feses yang cenderung lebih besar dari kebutuhan biasanya.

Beberapa kondisi yang menyebabkan kita menjadi harus banyak minum air putih, adalah:

1. Sebelum donor darah

Persiapan apa yang Anda lakukan sebelum melakukan donor darah? Jika biasanya Anda belum banyak melakukan persiapan khusus, maka kini pastikan bahwa Anda harus banyak minum air putih sebelum melakukan donor darah, ya.

doktersehat-gejala-darah-rendah

Hal ini ternyata merupakan suatu kondisi yang mengharuskan kita banyak minum air putih, mengingat dalam waktu yang cukup singkat cairan darah dalam tubuh di keluarkan dalam jumlah yang cukup banyak.

Tubuh jadi harus dengan cepat beradaptasi dengan perubahan yang cenderung cukup ekstrem tersebut.

Air putih yang cukup akan membantu pemenuhan kebutuhan tubuh, utamanya sistem hidrasi dan mempercepat pembentukan atau produksi sel darah baru. Anda bisa menambah 2-3 gelas air putih sebelum melakukan donor darah.

2. Berkendara jarak jauh

Berencana berkendara jarak jauh? Jika iya, maka persiapkan diri Anda dengan asupan air putih yang lebih banyak. Berkendara jauh, baik dengan moda transportasi apapun, akan membuat Anda cenderung lebih mudah dehidrasi.

doktersehat capai saat mudik
photo credit: Pexels

Cairan yang keluar dari tubuh, baik keringat ataupun urin saat melakukan perjalanan jauh, akan membuat kebutuhan cairan Anda meningkat. Untuk itu, Anda sebaiknya menambah konsumsi air putih selama melakukan perjalanan jauh, paling tidak 2-3 gelas dalam sehari.

3. Diare

Diare membuat cairan dalam tubuh terbuang lebih banyak utamanya melalui feses dan urin.

Saat diare, risiko dehidrasi akan semakin besar mengingat pembuangan cairan dalam tubuh lebih besar.

Penyakit diare adalah penyakit sering buang air besar.

Hal ini kerap tidak disadari, mengingat kondisi diare dianggap sakit yang sepele, padahal kekurangan cairan saat diare akan menyebabkan kondisi diare justru menimbulkan komplikasi dengan gejala dehidrasi misalnya tubuh lemas, pusing, dan tidak sadarkan diri.

4. Saat sakit

Selain diare, kondisi sakit seperti demam, flu, gangguan pencernaan atau kondisi yang memengaruhi kesehatan secara umum, membuat Anda harus memenuhi kebutuhan cairan lebih banyak.

doktersehat sakit flu

Tubuh Anda membutuhkan cairan lebih banyak saat sakit , mengingat pada kondisi sakit organ dan sistem tubuh Anda jadi harus bekerja lebih keras karena tubuh mengalami infeksi.

Jika cairan dalam tubuh kurang, maka proses penyembuhan secara alami dalam tubuh juga akan semakin lambat dan kondisi tubuh tidak segera optimal.