Terbit: 1 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Siapa sih yang tidak tahu bawang merah? Sebuah hasil tanaman yang dijadikan bumbu masak favorit untuk sebagian orang. Ya, bawang merah memang dikatakan sebagai salah satu bumbu masak wajib yang harus ditaburkan pada setiap masakan. Hal tersebut dikarenakan bawang merah bisa memberi aroma serta efek rasa yang bisa membuat masakan menjadi semakin lezat.

4 Khasiat Meletakkan Bawang Merah pada Kaki

Photo Credit: Flickr

Selain itu, bawang merah juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, baik dikonsumsi maupun hanya diletakkan pada tubuh (dari luar). Penggunaannya pun beragam, biasanya bawang merah dilebur dulu hingga halus dan dioleskan pada bagian tubuh tertentu, sesuai kebutuhan.

Nah, bicara mengenai manfaat bawang merah, kali ini ada sebuah fakta baru yang harus Anda ketahui. Fakta tersebut adalah tentang manfaat bawang merah jika Anda meletakkan pada kaki, tepatnya bagian telapak. Apa saja manfaatnya? Dilansir dari laman SteptoHealth, berikut diantaranya:

  • Percepat Penyembuhan

Ketika salah satu organ tubuh sedang mengalami luka, maka bawang merah adalah salah satu cara yang bisa digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka tersebut. Caranya, cukup letakkan bawang merah pada telapak kaki. Mengapa demikian? Sebab, bawang merah dipercaya memiliki senyawa yang setara fungsinya dengan antibiotik, hanya saja penggunaannya dari luar.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

  • Mengusir Racun

Ketika residu di dalam darah sudah menumpuk, maka harus segera diatasi agar tidak menimbulkan masalah serius bagi kesehatan. Nah, salah satu caranya adalah meletakkan bawang merah pada telapak kaki. Hal itu dikarenakan bawang merah memiliki kandungan asam fosfat yang bisa mengusir racun secara cepat.

  • Menjaga Imun

Sudah tidak diragukan lagi jika bawang merah memang bisa menambah daya tahan tubuh ketika dikonsumsi. Tapi, ternyata walau tidak dikonsumsi, bawang merah juga bisa memiliki manfaat serupa hanya dengan meletakkannya pada telapak kaki. Anda bisa meletakkan gerusan bawang merah dengan sedikit pijatan pada beberapa titik di telapak kaki.

  • Anti Infeksi

Ketika Anda sedang mengalami cidera akibat aktivitas maupun olahraga, maka dengan segera harus ditangani agar tidak terjadi infeksi. Salah satu caranya dengan meletakkan bawang merah pada bagian telapak kaki. Sebab, cairan serta senyawa bawang merah yang masuk melalui telapak kaki akan dikirim ke seluruh jaringan tubuh dan membantu dalam melindungi luka tersebut dari ancaman infeksi.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi