Terbit: 9 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Biji chia merupakan salah satu bahan yang kerap dikonsumsi selama diet. Tidak hanya memiliki kandungan serat tinggi, biji chia juga dilengkapi dengan sejumlah bahan yang dapat merawat kesehatan kulit Anda. Sebenarnya apa saja sih manfaat biji chia bagi kulit?

4 Khasiat Biji Chia yang Ampuh Percantik Kulit Secara Alami!

Photo Credit: Flickr.com/ Stacy Spensley

1. Mencegah Jerawat

Masalah jerawat merupakan salah satu masalah umum yang kerap dihadapi oleh kulit oily mau pun acne-prone. Kendati demikian, jerawat juga dapat menyerang jenis kulit lain karena beberapa faktor. Alih-alih menggunakan obat yang kandungan bahannya belum tentu tepat, Anda dapat menggunakan biji chia. Dilansir dari laman Reward Me, biji chia mampu menyerap kelebihan minyak pada kulit.

2. Melembapkan Kulit

Mengoleskan minyak esensial yang terbuat dari biji chia ternyata dapat membantu menjaga kelembapan kulit Anda. Bahkan, minyak dari biji chia dapat melembapkan bagian tubuh seperti sikut, lutut dan tumit dalam waktu singkat. Selain itu, menggunakan minyak biji chia pada kulit juga menjadikan kulit terasa lebih halus dan lembut.

3. Menjadikan Kulit Lebih Glowing

Kulit yang glowing tidak hanya didapat dengan mengaplikasikan kosmetik. Anda dapat menjadikan kulit lebih glowing secara alami menggunakan biji chia. Hal ini lantaran biji chia mengandung omega-3 yang dapat membuat kulit tampak lebih awet muda. Omega-3 juga menstimulasi produksi kolagen yang menjadikan kulit lebih kenyal.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

4. Mempercepat Proses Penyembuhan

Bagi Anda yang memiliki luka terbuka, peradangan atau jerawat dapat mengatasinya menggunakan minyak biji chia. Dilansir dari laman Reward Me, biji chia mengandung zinc yang ampuh dalam mempercepat proses penyembuhan kulit. Tidak hanya itu saja, zinc juga memperbaiki jaringan kulit yang rusak sehingga kuit terasa lebih lembut.

Siapa yang menyangka jika biji chia yang biasanya hanya dikonsumsi sebagai menu diet ini memiliki kandungan bahan aktif yang baik untuk kulit. Anda dapat menggunakan biji chia secara langsung dalam bentuk masker atau pasta. Namun, bisa juga mengaplikasikan biji chia yang sudah diolah dalam bentuk minyak esensial.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi