Terbit: 1 April 2018 | Diperbarui: 31 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Olahraga merupakan sebuah kebutuhan yang harus terpenuhi agar tubuh tetap sehat dan bugar. Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan seperti, latihan kardio dan latihan angkat beban. Olahraga yang paling mudah dilakukan adalah latihan kardio, seperti berenang, berlari, bersepeda, serta treadmill di pusat kebugaran.

4 Kesalahan Umum Saat Menggunakan Treadmill

Photo Credit : pexels.com

Bagi mereka yang mempunyai cukup dana, mereka akan memilih untuk latihan treadmill di pusat kebugaran. Namun, terkadang saat menggunakan treadmill Anda melakukan beberapa kesalahan sehingga bukannya mendapatkan manfaat dari latihan tersebut, Anda justru akan merasa sakit. Sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu beberapa kesalahan yang dilakukan saat menggunakan treadmill, diantaranya:

1. Tidak Melakukan Pemanasan

Karena terlalu bersemangat berolahraga dengan menggunakan treadmill, Anda sampai melupakan pemanasan. Padahal, jika ingin berolahraga, Anda harus mengawalinya dengan gerakan pemanasan terlebih dahulu agar otot-otot tubuh Anda tidak kejang, karena tubuh juga menemukan penyesuaian dengan jenis olahraga yang ingin Anda lakukan.

2. Kecepatan yang Sama Terus Menerus

Saat menggunakan treadmill, Anda bisa mengatur kecepatan sesuai dengan yang Anda inginkan. Tidak dianjurkan untuk berjalan dengan kecepatan yang sama terus menerus karena akan membuat Anda merasa bosan dan tidak mendapatkan manfaat dari latihan treadmill tersebut. Sebaiknya, aturlah kecepatan awal treadmill Anda dengan kecepatan sedang, setelah itu Anda bisa meningkatkan kecepatannya lebih tinggi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

3. Terlalu Sombong

Olahraga treadmill di pusat kebugaran bukan hanya Anda sendiri saja, tapi ada banyak orang yang juga melakukannya. Saat ada orang lain di samping Anda yang juga sedang menggunakan treadmill, mungkin Anda merasa sombong dan tertantang untuk balapan. Jika Anda belum terbiasa menggunakan treadmill dengan kecepatan tinggi, makan sama saja Anda menyiksa tubuh Anda sendiri.

4. Berpegangan pada Handle Treadmill

Berpegangan pada handle treadmill memang tidak masalah karena mungkin Anda belum terbiasa menggunakan treadmill dengan kecepatan tinggi dan berubah-ubah. Namun, ada baiknya jika Anda tidak terus menerus memegang handle treadmill, karena jika Anda melakukannya maka otot lengan dan tangan Anda akan terasa kaku karena tidak terlatih.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi