Terbit: 21 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tahukah Anda bahwa ada banyak kesalahan yang umum dilakukan oleh ibu hamil? Biasanya ibu hamil tetap melakukan kesalahan tersebut karena percaya pada mitos, atau sebab lain. Penasaran apa saja kesalahan yang masih sering dilakukan oleh ibu hamil? Simak uraiannya berikut ini.

4  Kesalahan Ini Masih Sering Dilakukan oleh Ibu Hamil, Apa Saja?

Kesalahan yang tidak perlu dilakukan ibu hamil

1. Makan untuk dua porsi
Hayo, siapa yang masih percaya bahwa saat hamil wanita harus makan untuk dua porsi demi mencukupi kebutuhan gizi si kecil di dalam perut? Nyatanya ibu hamil tidak harus selalu makan dalam dua porsi. Yang terpenting, kandungan gizi selama kehamilan terpenuhi sehingga kondisi ibu dan janin selalu sehat. Makan terlalu banyak selama hamil dapat menyebabkan kegemukan, diabetes dan komplikasi kehamilan lainnya.

2. Minum suplemen dan vitamin terlalu banyak
Tentu, kebutuhan nutrisi ibu hamil akan meningkat dari kondisi sebelum hamil. Namun hal tersbeut bukan berarti bahwa ibu hamil harus minum suplemen dan vitamin dalam jumlah banyak. Apabila kebutuhan nutrisi kehamilan sudah bisa dipenuhi dari makanan sehari-hari, sebenarnya ibu hamil tidak membutuhkan konsumsi vitamin dalam jumlah banyak.

3. Memuaskan ngidam

Banyak wanita beranggapan ia perlu memuaskan diri saat ngidam karena ngidam adalah momen langka dan unik saat hamil. Apalagi beredar mitos bahwa ngidam harus dipenuhi jika tidak ingin anak yang dikandung akan tumbuh jadi anak yang ngeces. Namun sebenarnya Anda tidak perlu bersikap demikian. Makanlah makanan yang Anda inginkan namun dalam jumlah wajar dan tetap perhatikan makanan apa saja yang boleh dikonsumsi dan mana yang tidak.

4. Terlalu banyak tidur dan tidak berolahraga

Kondisi kehamilan setiap ibu memang berbeda-beda. Ada ibu hamil yang kondisinya lemas, dan ada yang tetap bugar seperti sebelum hamil. Jika Anda tergolong kategori kedua, maka sebaiknya Anda menyempatkan diri untuk berolahraga. Mungkin ada sedikit perbedaan stamina dan daya tahan ketika melakukan olahraga, namun rutin melakukan olahraga saat hamil lebih baik daripada jarang berolahraga, jika kondisi memungkinkan.

Bagaimana dengan Anda Mom, adakah kesalahan lain yang masih sering Anda lakukan di masa kehamilan? Bagi cerita Anda di kolom komentar ya!.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi