Terbit: 3 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Fitnes adalah sebuah kegiatan olahraga yang bertujuan untuk membentuk otot tubuh. Olahraga ini terbilang cukup efektif dalam membentuk massa otot di dalam tubuh. Selain itu, fitnes juga sering dijadikan metode untuk menurunkan berat badan bagi mereka yang bertubuh gemuk. Namun, tetap pada tujuannya, segala macam dan jenis olahraga adalah aktivitas yang fungsinya untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

4 Kesalahan Fitnes yang Sering Dilakukan oleh Pemula

Nah, bicara mengenai fitnes, tentu saja banyak fakta menarik yang perlu Anda ketahui. Olahraga yang satu ini memang dipercaya bisa memberikan kebugaran bagi tubuh seseorang. Tapi pada kasus lain, tak sedikit yang justru terlihat tidak bugar akibat latihan ini. Bukannya mendapatkan tubuh yang prima, justru sebagian orang mengalami kemunduran fungsi tubuh, misalnya terlihat lebih tua, mengalami kelelahan yang parah, serta gangguan istirahat.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Menurut laman Menshealth, dijelaskan bahwa kasus ini sering terjadi. Banyak orang yang merasa kondisi tubuhnya tidak lebih baik setelah mengikuti latihan kebugaran. Adapaun beberapa penyebabnya adalah melakukan 4 kesalahan berikut ini:

1. Terlalu Over

Kebanyakan pemula sangat antusias dalam melakukan latihan kebugaran. Bahkan, karena terlalu besar obsesi mendapat bentuk tubuh atletis, membuat kebanyakan pemula terlalu over atau berlebihan dalam latihan. Padahal, kegiatan yang berlebihan tidaklah baik bagi tubuh. Sebab akan membuat hormon kortisol menjadi meningkat dan imbasnya tidak baik bagi bagi kesehatan.

2. Latihan yang Monoton

Ketika latihan di pusat kebugaran, ada baiknya Anda mencari instruktur untuk memandu segala bentuk latihan Anda. Sebab, pemula pasti tidak akan tahu banyak mengenai jenis-jenis latihan yang harus dilakukan sehingga membuat pemula melakukan latihan yang sama dalam waktu panjang. Ketika Anda melakukan latihan yang monoton, maka Anda tidak akan mendapatkan hasil maksimal, justru membuat masalah pada salah satu otot yang ditekan secara terus-menerus.

3. Tidak Konsisten

Ketika hendak mengikuti latihan kebugaran, pastikan terlebih dahulu kesiapan Anda. Jangan sampai setengah-setengah. Sebab, dalam membentuk otot tidak hanya sehari-dua hari saja. Tapi perlu berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan. Ketika Anda jarang latihan, maka semuanya akan sia-sia. Jadi, alangkah baiknya untuk membuat komitmen pada diri sendiri sebelum mengikuti latihan di pusat kebugaran.

4. Tidak Menjaga Asupan Nutrisi

Inilah yang paling penting dalam urusan kebugaran. Anda harus menjaga betul jenis makanan yang dikonsumsi. Perbanyaklah mengonsumsi makanan yang kaya akan protein, seperti nasi, telur, dan sebagainya. Sebab, dengan protein yang tercukupi, maka otot akan lebih mudah dibentuk.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi